Sunday, March 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 April 2011 (Bgn 1)


Ketika bentuk-bentuk pikiran bermunculan, segera melafal Amituofo guna meredakannya, serupa dengan yang dikatakan praktisi zaman dulu sebagai “Tidak takut pada bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, hanya saja ditakutkan terlambat menyadarinya”, harus segera tercerahkan.

Aliran Sukhavati, untuk tercerahkan adalah menggunakan sepatah Amituofo, tak peduli niat pikiran baik atau niat pikiran buruk yang muncul, tetap saja melafal Amituofo guna meredamnya, keterampilan ini mesti dilatih dalam waktu keseharian.

Pepatah mengatakan “Melatih prajurit seribu hari, menggunakannya pada satu waktu”, mesti melatihnya dalam waktu keseharian, hingga saat menjelang ajal sudah memiliki kepastian, daripada mengharapkan sahabat Dharma datang membantumu melafal Amituofo.

Sahabat Dharma datang membantumu melafal Amituofo, hal ini juga tergantung pada keterampilan-mu sendiri, apakah dalam waktu keseharian membiasakan diri melafal Amituofo atau tidak, jika anda melafal Amituofo hingga terampil dan mampu meredam bentuk-bentuk pikiran, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Kalau memang serius berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka tidak boleh tidak memandang berat pada hal ini.

Saat menjelang ajal mengikuti kekuatan karma bertumimbal lahir, ini merupakan masalah besar, diri sendiri tidak mampu menjadi penentu. Jika niat pikiran baik yang muncul, maka dia akan mengikuti kekuatan karma baik bertumimbal lahir di tiga alam bajik, demikian pula bila niat pikiran buruk yang muncul, maka dia akan mengikuti kekuatan karma buruk jatuh ke tiga alam rendah.

Selama kalpa yang tak terhingga kita berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, kekotoran batin dan tabiat ini sudah sedemikian mendalamnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 April 2011


這些煩惱起來的時候,用一句佛號把它就取而代之,正是古人所講「不怕念起,只怕覺遲」,覺悟要快。淨宗,覺悟就是提起佛號,這是淨土宗的正覺。實際上,這是說煩惱心所二十六個,善心所亦如是,無論是善、是惡,念頭起來,都用這一句佛號把它伏住,這是平常訓練。諺語所謂「練兵千日,用在一朝」,平常要不練,到臨命終時沒有把握,有善友給你助念都靠不住。善友的助念,還得要你平常有功夫,真正把煩惱能伏住,這才決定得生。真正求生淨土,對這個事情不能不重視、不能不留意。

臨終隨煩惱走了,這個麻煩就大了。那叫什麼?隨業流轉,自己做不了主,六道裡面去了。善念,那是善心所,臨終時善心所出現,三善道去了,煩惱心所起現行,就是三惡道去了。所以這是很麻煩的事情。無始劫以來我們在六道,這種煩惱習氣非常之深。外面境界,所謂是境界風動,把境界比喻作風,心就比喻作水,風一動,水即被吹起波浪。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六0集)  2011/4/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0360




 

Sekarang kita belajar dan melatih diri, di mana letak permasalahannya? Yang pertama adalah sikap mental, yang kedua adalah cara. Sikap mental itu sangat penting, yakni menghormati guru dan menjunjung ajaran.

Menghormati guru artinya adalah menghormati bidang belajarmu, jika tidak punya rasa hormat pada mata pelajaran tersebut, buat apa anda mempelajarinya? Inilah salah satu faktornya.

Yang kedua adalah cara. “San Zi Jing” atau Klasik Tiga Aksara menyebutkan, “Proses belajar mengajar menekankan pada memfokuskan diri”.

Lihatlah sistem pendidikan di sekolah, mata pelajaran pertama diajarkan oleh guru A, mata pelajaran kedua diajarkan oleh guru B, makanya anak-anak tidak dapat memusatkan perhatiannya, oleh karena dalam sehari dia harus belajar sekaligus beberapa mata pelajaran, campur aduk, dia tidak berdaya menyelaminya, alhasil dia cuma belajar sebatas kulit luarnya saja.

Lain halnya dengan sistem pendidikan zaman dulu di Tiongkok, anak-anak cuma belajar satu buku saja, setelah selesai dan dikuasai, barulah melanjutkan buku kedua. Jadi tenaga dan pikirannya cuma ditujukan pada satu titik saja, terfokus, sehingga dia dapat mencapai samadhi (konsentrasi), dia dapat tercerahkan.

Sistem pembelajaran sekarang, tampaknya anak-anak dikebut dan sangat sibuk, tetapi tidak terfokus, perhatian tidak terpusat, samadhi (konsentrasi) tidak ada, maka itu tidak dapat tercerahkan. Karena itu yang dia peroleh cuma pengetahuan semata, bukanlah kebijaksanaan.

Sistem pembelajaran di negara timur, yakni Tiongkok dan India, orang zaman dulu menekankan pada terbukanya kebijaksanaan. Maka itu menekankan pada “Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya”, ini merupakan cara, ini juga merupakan sila, menasehatimu supaya menggunakan cara ini, dengan sila mencapai samadhi, dengan samadhi mencapai kebijaksanaan, tujuannya ada di sini.

Dengan terbukanya kebijaksanaan, bukan saja apa yang dipelajari dapat dikuasai, bahkan yang tidak pernah dipelajari juga dapat dikuasai dengan sendirinya, inilah yang disebut sebagai “Satu sutra berhasil dikuasai, semua sutra dapat dikuasai dengan sendirinya”. Meskipun tidak semuanya dapat dikuasai, minimal juga yang sejenis dengan bidang belajarmu, pasti dapat dikuasai, anda takkan menemui kesulitan saat mempelajarinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 April 2011


我們現在修學問題出在哪裡?一個是心態、一個是方法。心態非常重要,尊師重道。尊師是尊重你的學術,你對這門功課不尊重,你學它幹什麼?這是第一個條件。第二個條件是方法。方法,《三字經》上講的,「教之道,貴以專」,教與學都是貴以專。現在學校排課,課程是交叉的,上午一個老師上課,下午換另外一個老師,另外一個科目。所以,你學習的精神、意志不能集中,因為你同時學很多東西,學雜了,你心不專,你沒有辦法深入,你所學到的都是些皮毛。中國古人不是這種方法,他就是一部書,這一部書沒有研究完畢不學第二本。他的精力用在一點上,專攻,他能得定,他能開悟。你們今天這個學習,雖然很用功,三昧得不到,開悟得不到。所以學的是知識,不是智慧。在東方,印度跟中國,古人學習最重要的就是開智慧。所以學習的課程,一門深入,那是方法,那就是戒律,叫你遵守這個方法,因戒得定,因定開慧,目的在此地。智慧開了,不但你所學的東西貫通了,你沒有學過的東西你一見也通了,這就是一經通一切經通。不能全部通,至少跟你同類的通了,你學起來不會感覺困難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六0集)  2011/4/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0360