Tuesday, July 28, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2011


Umumnya setiap praktisi menyadari rintangan karma dan tabiat diri sendiri sangat berat, juga berharap dapat mengeliminasi rintangan karma, tetapi mengapa tak terwujud, dimana letak alasannya?

 

Oleh karena tiap butir niat pikirannya yang timbul adalah memikirkan rintangan karma diri sendiri, memikirkan tabiat diri sendiri, makanya rintangan karma dan tabiatnya cuma bisa makin bertambah tiap hari, tidak bisa lenyap.

 

Kapan baru bisa terhapus? Ketika dia tidak memikirkannya lagi, dia telah melupakan hal ini, tiap butir niat pikiran yang timbul adalah melafal Amituofo, sepatah Amituofo dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara.

 

Dia tidak memikirkan rintangan karmanya lagi, barulah dapat terhapus. Dalam keadaan darurat, saat dilanda bencana, wabah penyakit merajalela, panik dan pikiran pun melayang-layang, melupakan lafalan Amituofo, akibatnya tiap butir niat pikiran yang timbul adalah menambah karma buruknya, dengan perkataan lain, tiap butir niat pikirannya adalah mendekati balasan buruk. Mengapa demikian?

 

Di dalam “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” disebutkan, “Berkah dan petaka sesungguhnya tidak ada yang menentukannya, semuanya merupakan hasil perbuatan sendiri”, saat berada dalam kepanikan, seluruh ajaran yang disampaikan Buddha dilupakan hingga bersih, sepanjang hayat belajar Ajaran Buddha sekarang jadi tidak efektif, kerisauan dan kecemasan-lah yang efektif.

 

Bahkan saat begini malah menyalahkan Langit dan Bumi, menuduh orang lain, bahkan juga menyalahkan Buddha dan Bodhisattva, dosanya lebih berat lagi, dosa ini mengantarnya jatuh ke Neraka Avici.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2011

 

  學佛的同學幾乎都知道自己業障習氣很重,也很願意消除業障,為什麼老是消不掉,原因何在?因為他念念都在念自己的業障、念自己的習氣,所以他的業障習氣只有天天增長不會消除。什麼時候消除?哪一天他不念了,他把這個事情忘掉了,念念都是阿彌陀佛,一念阿彌陀佛消八十億劫生死重罪,這個業障沒想它,它真消掉了,道理在此地。到緊急關頭的時候,遇到有災難現前、疾病現前,手忙腳亂,妄念紛飛,把佛號全忘光了,這個時候怎麼樣?念念增長他的罪業,一定要曉得每一念都增長;換句話說,念念接近惡報。為什麼?《太上感應篇》說得好,「禍福無門,惟人自召」,佛在經典的教誨這個時候忘得一乾二淨,學佛學一輩子這個時候不起作用,煩惱起作用。甚至於在這個時候怨天尤人,甚至於怨恨佛菩薩,那個罪就更重,這個罪業就變成無間地獄業。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一八集)  2011/5/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0418

 


 


Praktisi Buddhis terhadap ajaran sutra masih kurang pemahamannya, menjadi pendukung Dharma dan mengira diri sendiri sudah sukses menjadi pendukung, tetapi kenapa masih ditimpa musibah? Kalau sudah begini, dia akan mengira Buddha dan Bodhisattva tidak sakti, Buddha dan Bodhisattva pilih kasih, bukannya melindunginya.

 

Beginilah jika terhadap ajaran sutra masih kurang pemahamannya. Kasih Buddha adalah setara, melindungi semua makhluk supaya menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, tetapi si praktisi sendiri-lah yang salah menafsirkan ajaran sutra, setelah ditimpa petaka malah menyalahkan orang lain, bukankah ini celaka!

 

Buddha mengajarkan kita mengeliminasi rintangan karma, mengurai bencana, mengajarkan kita supaya melepaskan kemelekatan, berdana, berdana adalah melepaskan kemelekatan, berdana adalah mengikhlaskan. Apa yang diikhlaskan? Mengikhlaskan bencana, mengikhlaskan hidup dan mati, mengikhlaskan penyakit, mengikhlaskan enam alam tumimbal lahir, mengikhlaskan Dasa Dharmadhatu, barulah anda dapat mencapai KeBuddhaan; sebaliknya apabila anda tidak mampu mengikhlaskannya, maka masalah pun jadi besar.

 

Tumimbal lahir adalah sungguh mengerikan, jika anda telah melihat dengan jelas, barulah anda tahu bahwa tumimbal lahir merupakan sebuah kekacauan. Dalam satu masa kehidupan ini tak peduli jalinan hubungan apapun, begitu bertumimbal lahir langsung lupa, bahkan sangat kacau sekali, Opa dan Buyut kembali lagi bertumimbal lahir, mungkin saja sekarang jadi cucumu, kasus begini kerap terjadi. Bahkan ada juga yang karena melakukan karma buruk jatuh ke alam binatang, menjadi hewan peliharaan di rumahmu. Kita tidak mengenalinya.

 

Maka itu berputar di dalam enam alam tumimbal lahir, saling balas membalas tiada habis-habisnya, tiap kelahiran demi kelahiran harus menjalaninya. Bagaimana cara melampauinya? Bagaimana cara terbebas darinya?

 

Dari sekian banyaknya pintu Dharma, hanya Ajaran Sukhavati yang paling unggul, yang paling menakjubkan hanyalah sepatah Amituofo, dengan begini sudah dapat menuntaskan segala permasalahan, mengapa tidak melafalnya? Mengapa malah hobi berputar di enam alam tumimbal lahir?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2011

 

Dasa Dharmadhatu baca di :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

佛門弟子對經教了解不夠透徹,護持佛法自以為護法有功,為什麼還有這麼多災難?佛菩薩不靈,佛菩薩沒照顧他。這都是對經教不通、不能理解。佛菩薩經教確實能夠保佑一切眾生離苦得樂,眾生把經教錯解了,招感來的災難又要怨天尤人,這怎麼得了!佛沒教你們這麼做。佛真的教我們消除業障、化解災難,教我們放下,教我們布施,布施就是放下,布施就是捨。把什麼捨掉?把災難捨掉,把生死捨掉,把疾病捨掉,把六道輪迴捨掉,把十法界捨掉,你就成佛;你要是念念捨不掉,你的麻煩就大了。

 

輪迴確確實實可怕,你要真把輪迴看透了,你就知道輪迴是一團糟。這一生當中無論什麼好的關係,一轉世全忘掉,可能全顛倒了,曾祖父、高祖父這又回頭來了,可能又回來做你的孫子,這個事情常有的。甚至於他造了惡業,他投到畜生道裡變成你家養的家畜,我們肉眼凡胎不認識。所以六道裡頭冤冤相報沒完沒了,生生世世有得受的。怎麼樣超越?怎麼樣擺脫?無量法門裡頭淨宗法門最殊勝,最微妙的就是一句名號就把這個問題解決了,為什麼不念?為什麼念六道輪迴?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一八集)  2011/5/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0418

 


 


Dari sekian banyaknya pintu Dharma, hanya Ajaran Sukhavati yang paling unggul, yang paling menakjubkan hanyalah sepatah Amituofo, dengan begini sudah dapat menuntaskan segala permasalahan, mengapa tidak melafalnya? Mengapa malah hobi berputar di enam alam tumimbal lahir?

 

Saya beri tahu pada praktisi sekalian, segala bentuk pikiran semuanya merupakan benih enam alam tumimbal lahir, pikiran benar, boleh dikatakan di seantero dunia sudah tidak dapat ditemukan lagi, pikiran benar telah menjadi sebuah istilah tanpa realitas.

 

Maka itu sekarang di dunia ini melafal Amituofo disebut sebagai pikiran benar, selain sebutir pikiran benar ini, tidak ada lagi yang bisa disebut sebagai pikiran benar kedua. Zaman dulu masih ada, zaman now sudah tidak ada lagi.

 

Cobalah amati dengan seksama, ketika sedang tidak melafal Amituofo, apa yang timbul di benakmu? Cobalah renungkan dengan seksama, niat pikiran apa yang timbul, pemikiranmu terjalin dengan apa? Bukankah sudah cukup jelas?

 

Tiap butir niat yang timbul adalah hati tumimbal lahir, tiap butir niat yang timbul adalah memikirkan budi dan dendam di enam alam tumimbal lahir, ganjaran dan balasan, inilah yang anda pikirkan, kekuatan ini sangat dahsyat, oleh karena kurun waktu anda memikirkan hal begini lebih banyak dan lebih panjang, sementara itu waktu untuk melafal Amituofo malah terlampau sedikit, lafalan Amituofo tidak dapat melampaui kekuatan karma, inilah alasan mengapa keterampilan melatih diri kita tidak efektif.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2011

 

無量法門裡頭淨宗法門最殊勝,最微妙的就是一句名號就把這個問題解決了,為什麼不念?為什麼念六道輪迴?

 

給諸位說,這一切雜念全是六道輪迴,正念可以說在現前這個世間已經找不到,正念變成有名無實。現在這個世間念阿彌陀佛名號那就叫正念,除這一念之外沒有第二個正念,古時候有,現在沒有了。諸位細心去體會、去觀察,不念佛的時候你心裡想什麼、念什麼?你再仔細去思惟,你所念的、所想的跟什麼相應?不就知道了嗎?念念是輪迴心,念念是念六道裡的恩怨,酬償果報,你念這個東西,這個力量非常強大,因為你念的時間太多,念佛的時間太少,佛號抵不過業力,這就是我們功夫為什麼不得力。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一八集)  2011/5/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0418

 

 

 

 

Jika sudah jelas dan dimengerti, maka anda akan bersikap hormat pada semua aliran dan sekte lainnya, takkan membeda-bedakan, takkan menfitnah. Sebaliknya dalam menanggapi kritikan dan fitnahan dari aliran dan sekte lainnya, janganlah taruh di hati, mengapa demikian?

 

Dia tidak punya pengetahuan, baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain, dia tidak punya pengenalan sama sekali, hendaknya memaafkan dirinya.

 

Kenapa dia bisa jadi begini? Tidak ada yang mendidiknya, kalau ada yang mendidiknya, dia akan serupa dengan diriku, bersikap toleransi. Dari mana kami mempelajarinya? Dari Sudhana-kumara mengunjungi 53 orang Kalyanamitra, mengetahui bahwa pintu Dharma yang tak terhingga adalah disampaikan oleh Buddha Sakyamuni, tiap metode tersebut merupakan cara untuk menemukan kembali jiwa sejati.

 

Maka itu di dalam “Sutra Intan”, Buddha Sakyamuni menyampaikan, “Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah”, di dalam “Avatamsaka Sutra”, kita telah melihat Sudhana-kumara mengunjungi 53 orang Kalyanamitra.

 

Terhadap seluruh pintu Dharma, hendaknya bersikap hormat, bersukacita memuji, sedangkan diri sendiri bagaimana? Diri sendiri tetap memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, kenapa kita tidak ikut-ikutan belajar ajaran mereka?

 

Kita tidak memiliki akar kebijaksanaan superior seperti mereka, jika memaksakan diri mempelajarinya tentunya sulit dan ada rintangannya, sedangkan melafal Amituofo cocok dengan akar kebijaksanaan-ku, saya melatih metode ini dan tidak ada rintangannya, tidak ada kesulitannya dan mudah untuk meraih keberhasilan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2011

 

都搞清楚、都搞明白,你對於任何宗派你都尊重、你都供養,恭敬心就是供養,你決定不會分別、決定不會毀謗。有門戶之見,對不同宗派、不同修學方法的人批評、毀謗,不要放在心上,為什麼?他沒有知識,他對於自己、對於別人一無所知,要原諒他。他為什麼會這樣?沒人教他,如果有人教他,他通達明瞭,他會跟我一樣。我們從哪裡學來的?從善財童子那裡學來的,知道無量法門都是世尊所傳的,門門都是見性的方法,殊途同歸,所以佛在《金剛經》上告訴我們,「法門平等,無有高下」,我們在《華嚴經》善財童子五十三參看到了。過去還有些門戶之見,這看到之後門戶之見掃除了,對於任何一個法門我們自自然然謙恭有禮、歡喜讚歎,自己呢?自己還是老實念佛,為什麼不學?我們不是那種根性,那個法門我修起來就有困難、就有障礙,念佛這個法門適合我的根性,我修這個法門沒有障礙、沒有困難,容易成就。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一八集)  2011/5/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0418