Raja Dewa Mahesvara Juga Adalah
Raja Mara
(Bagian 1)
Mari kita
lihat kalimat berikutnya, “Mahesvara memiliki kebijaksanaan yang bebas tanpa
rintangan. Ketika Raja Naga di lautan besar menurunkan hujan, Mahesvara mampu
menghitung berapa tetes air hujan tersebut, hanya dalam waktu sebersit niat
pikiran.”
Buddha
Sakyamuni membabarkan di dalam sutra, di India banyak sekte yang menempatkan
Mahesvara sebagai Dewa utama, yang menciptakan manusia, alam semesta juga
diciptakan oleh Mahesvara.
Dia menghuni Alam
Dewa tertinggi di Rupaloka (Alam Akanistha), yang lebih tinggi daripada Alam
Mahabrahma, Alam Mahabrahma terletak di puncak dari Alam Jhana pertama. Ada
empat tingkatan Alam Jhana di Rupaloka.
Di atas empat
tingkatan Alam Jhana terdapat Alam Akanistha (Pali : Akanittha), Raja Dewa
Mahesvara juga adalah Raja Mara, Raja Mara Besar, dia mampu mengendalikan tiga
ribu maha ribu dunia.
Mengapa dia
disebut sebagai Raja Mara? Dia tidak suka melihat orang lain meninggalkan
wilayah kekuasaannya (enam alam tumimbal lahir), jika ada orang yang berhasil
keluar dari Triloka, dia akan merasa populasinya jadi berkurang. Dia memiliki
kerisauan ini.
Dia selalu
berharap jangan sampai ada manusia yang berhasil keluar dari tiga ribu maha
ribu dunia, yang merupakan wilayah kekuasaannya, berupaya merintangi para
praktisi.
Ketika Pertapa
Gautama (Buddha Sakyamuni) melatih diri di bawah Pohon Bodhi, Raja Mara datang
merintangi, dia-lah Mahesvara. Tetapi upaya Raja Mara menemui kegagalan,
apabila anda berhasil mencapai pencerahan, dia akan salut padamu, dia akan
beralih menjadi pendukungmu, menjadi Dewa Pelindung Dharma. Jadi dia bukan
tidak punya aturan, asalkan anda berhasil melewati rintangannya, dia akan salut
padamu.
Dipetik dari
Ceramah Master Chin Kung
Judul : Avatamsaka
Sutra
Serial ke-1860
Tanggal : 4
November 2007
Bertempat di :
HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel :
12-017-1860
Baca juga :
Triloka dan 31
Alam Kehidupan :
摩醯首羅天也是個魔王
(一)
我們再看底下一段,第十六段,也有兩首偈頌,「自在數滴喻」,這個能力可大了,比喻「菩薩一念普知德」。【摩醯首羅智自在。大海龍王降雨時。悉能分別數其滴。於一念中皆辯了。】
我們先講這個比喻。摩醯首羅天王,這也是大自在天。佛在經上講,印度有不少的宗教把他們當作主神,就是講造人的,人是大自在天造的,宇宙是大自在天造的,造物主。他住在色界的天頂,比前面大梵天高,大梵天是初禪天頂,他是四禪。四禪天頂有摩醯首羅天,摩醯首羅天也是個魔王,大魔王,他統轄三千大千世界。
為什麼稱他作魔王?他很不喜歡人離開他的國度,人都離開了,他說我的人不都沒有了嗎?他有這個憂慮。總是希望人不要離開三千大千世界,是他的管轄區,障礙別人修道。釋迦牟尼佛示現成道,魔來試驗,來障礙他,就是摩醯首羅天。可是障礙不住,你真成道了,他也佩服你,他也來護持你,做護法神。所以他不是不講理,你真有成就,他佩服你,你沒有成就,他限制你。
文摘恭錄 — 大方廣佛華嚴經 (第一八六0卷) 2007/11/4 香港佛陀教育協會 檔名:12-017-1860