Monday, August 3, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011 (Bgn 2)

 

Selama kalpa yang tak terhingga menciptakan karma buruk yang berat, hendaknya membangkitkan niat untuk bertobat. Cara apa yang digunakan untuk bertobat? Dengan menggunakan sepatah Amituofo, inilah pertobatan sesungguhnya.

 

Di dalam hati cuma ada lafalan Amituofo, selain lafalan Amituofo takkan ada hal lainnya lagi, dosa-dosamu telah terkikis bersih.

 

Ketika kami masih menjadi praktisi pemula, Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) mengajarkan kami untuk mengganti hati, bagaimana caranya? Yakni hati kita yang sejak kalpa tanpa awal menciptakan banyak karma buruk, hati yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, diganti menjadi lafalan Amituofo.

 

Di dalam hati kita cuma ada lafalan Amituofo saja, selain lafalan Amituofo takkan ada hal lainnya lagi, rintangan karma pun tereliminasi. Mengapa dirimu ada rintangan karma?

 

Saya sering melihat fenomena praktisi yang kerasukan musuh kerabat penagih utangnya, mengapa dia bisa kerasukan? Oleh karena menciptakan karma buruk. Andaikata dia bersedia mengganti hatinya menjadi lafalan Amituofo, maka musuh kerabat penagih utang jadi segan dan tidak berani merasukinya.

 

Andaikata anda cuma melafal Amituofo di mulut saja, namun di hati tidak ada Buddha, maka musuh kerabat penagih utang pun tak segan-segan lagi cara masalah denganmu, terkecuali di hatimu benar-benar ada Buddha Amitabha, barulah dia takkan berani.

 

Dia datang untuk memohon pelimpahan jasa padamu, memohon anda supaya bersedia membantunya, yang pastinya takkan cari masalah denganmu. Kalau dia datang untuk memohon pelimpahan jasa padamu, dia harus memiliki pahala besar, jika dia tidak memiliki pahala, sedangkan anda memiliki Dewa Pelindung Dharma, dia tidak bisa mendekatimu; sebaliknya jika dia memiliki pahala besar, dia datang mencari dirimu, anda membantunya terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Inilah makna dari pertobatan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011

 

無量劫來造業深重,要真正發心懺悔。用什麼方法懺悔?這一句阿彌陀佛就是真懺悔。心裡頭只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,你的罪業就懺乾淨了。我們初學佛的時候,李老師教給我們換心,心怎麼換法?把我們無始劫來造作罪業的這個心、自私自利的這個心,換成阿彌陀佛。讓心裡頭只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,你的業障就消了。你為什麼會有業障?學佛的同學常常我看到,冤親債主找到身上來附體,他為什麼來附你的體?你造業,他附你身上。如果你真的是把心換掉,換成阿彌陀佛,他碰都不敢碰你,他怎麼敢找你?你口裡有佛,心裡沒有佛,他就附你體,他就找你麻煩。如果你心上真有阿彌陀佛,他就不會了。他來求你是求你超度的,求你幫助他的,他決定不會找麻煩。他要來找你超度,他還得要大福報,他沒有福報,你有護法神,他不能靠近你;他有大福報,他來找你,你幫助他往生極樂世界。這是懺悔真正的意思。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二六集)  2011/5/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0426

 

 

 


Bertobat itu menekankan pada “Tidak mengulangi melakukan kesalahan lagi”, inilah pertobatan yang sesungguhnya! Jadi bukan tiap hari bertobat, tiap hari pula menciptakan karma buruk, apalah gunanya? Hanya dapat dikatakan sebagai lebih baik daripada tidak bertobat sama sekali.

 

Saat melakukan pertobatan, di dalam hati masih ada seberkas kedipan cahaya, hanya berkedip sebentar sudah lenyap, lebih baik daripada tidak bertobat sama sekali. Kapankah saat cahaya berkedip tersebut benar-benar dapat menerangi hatimu, barulah dosamu dapat lenyap.

 

Maka itu saat saya masih berusia muda, Master Zhangjia mengajariku, apa yang dimaksud dengan bertobat? Yakni tidak mengulangi melakukan kesalahan lagi, inilah pertobatan yang sesungguhnya!

 

Usai bertobat, esoknya mengulanginya lagi, ini bukanlah pertobatan yang sesungguhnya. Namun lumayan juga, minimal dia masih punya hati bertobat, mempunyai niat pikiran begini.

 

Diri sendiri tidak sanggup melampaui kekuatan karma, kekuatan karma terlampau kuat, anda tidak sanggup melampauinya, makanya saat godaan muncul, masih saja mengulangi melakukan kesalahan yang sama. Sudah tahu tidak boleh masih juga dilanggar, lihatlah kekuatan karma, tabiat itu betapa mengerikannya!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2011

 

懺悔著重在「後不再造」,真懺悔!不是天天形式,天天在懺,天天懺天天造,那有什麼用處?只能說比不懺悔好,懺悔的時候,總是心裡還放一道閃光,閃完之後就沒有了,比不懺好。什麼時候那個閃光真正把你的心光點燃,罪業才真的消除。所以我在年輕的時候,章嘉大師教我,什麼叫懺悔?他講的是「後不再造」,真懺悔!懺悔了,明天還造,這不是懺悔。但是也不錯,有懺悔的心,有這個念頭。自己敵不過業力,業力太強大了,你敵不過它,所以境界現前還是要犯。自己知道錯了,明知故犯,你看業力、習氣多可怕!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二六集)  2011/5/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0426