Monday, November 9, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Agustus 2011

 

 

Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Bab 39 bagian akhirnya kita dapat melihat ada praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati namun jatuh ke Kota Keraguan, yang berarti tidak mencapai tingkatan Bunga Teratai meskipun yang paling rendah sekalipun.

 

Hal ini menunjukkan bahwa keraguan merupakan rintangan yang sangat besar. Lantas kenapa praktisi yang ragu itu dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Meskipun ragu, namun dia juga memiliki rasa penasaran yang tinggi, makanya dia begitu ulet melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, akhirnya dia berhasil.

 

Tetapi oleh karena hatinya diliputi keraguan, setengah percaya setengah tidak, perlu diperhatikan kata “setengah”, jadi dia bukan tidak percaya secara keseluruhan, cuma keyakinannya tidak cukup mendalam, masih mengandung keraguan, sesungguhnya hal ini nyata atau tidak, dia merasa penasaran dan ingin membuktikannya, kalau memang benar-benar ada yah syukurlah, kalau tidak ada yah sudahlah.

 

Dengan sikap mental begini dia melafal Amituofo, akhirnya berhasil juga terlahir ke Alam Sukhavati. Sesungguhnya orang ini bisa terlahir di Kota Keraguan juga sudah cukup lumayan, apa alasannya? Dia takkan mengalami kemunduran lagi. Hanya saja waktunya bersua dengan Buddha Amitabha jadi tertunda agak lama.

 

Dia tidak bisa seperti praktisi-praktisi lainnya, begitu terlahir ke Alam Sukhavati, bunga bermekar bersua dengan Buddha Amitabha, memperoleh pemberkatan dari Buddha dan menjadi Bodhisattva Avaivartika.

 

Praktisi yang diliputi keraguan harus menanti hingga berapa lama barulah bunganya bermekar? Paling lama 500 tahun menurut perhitungan waktu di alam manusia. (Di Alam Sukhavati tidak ada konsep ruang dan waktu).

 

Jadi harus menanti hingga 5 abad kemudian, dia sudah menghapus keraguannnya, barulah bunga bermekar bersua dengan Buddha, barulah dia mencapai tingkatan Bunga Teratai, yakni yang paling rendah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Agustus 2011

 

Sembilan Tingkat Bunga Teratai :

https://daunbodhi.blogspot.com/2018/12/sembilan-tingkat-bunga-teratai.html

 

Dimanakah letak Kota Keraguan?

http://keseimbanganpikiran.blogspot.com/2015/04/kutipan-ceramah-master-chin-kung-25.html

 

 

 

這一品,三十九品,後面有一段他們看到極樂世界有胎生的眾生,也叫邊地,生到極樂世界的邊地,沒有入品。品是什麼?最低的品位是凡聖同居土下品下生,他比這個還要低,他生到極樂世界沒有品位,生在邊地、生在疑城,也叫疑城。這說明疑惑的過失是很大的障礙。疑惑為什麼能往生?他抱著試探的心理,也非常認真努力修行,發願念佛,他真能往生。但是他帶著疑惑,半信半疑,不是完全不信,完全不信他就不念了。所以他也信,信得不夠深,還是有懷疑,到底是真的是假的,我試試看,如果是真的那最好了,那假的就算了。抱著這種心態很認真的念佛也能往生。實在說能夠生到邊地疑城就不錯,為什麼?他不會退轉。不過在極樂世界耽誤的時間長一點,不能夠到極樂世界就見到佛、就得佛加持成為阿惟越致菩薩。那要遲多久?最長的五百年,五百年不是極樂世界的歲月,我們這個世界,就是五百年之後他的疑惑心斷了,不再疑惑,才見到阿彌陀佛,才入品,這個品就是下品下生,才入品。極樂世界有這麼一樁事情,在此地提出來了。

  

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五0集)  2011/8/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0550