Tuesday, January 19, 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011 (Bgn 2)

 

 

Hal ini diungkapkan di dalam Sutra, “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”, setiap lafalan yang terjalin ini, dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa dosa berat samsara.

 

Sebagian besar orang yang mendengarnya sulit untuk memercayainya, apakah perkataan Buddha ini tidak membesar-besarkan, apakah tidak terlampau?

 

Poin ini mesti kita pahami, Buddha membabarkan Dharma adalah menuruti sebagaimana mestinya, nyata adanya, sedikitpun tidak terlampau, sedikitpun tidak membesar-besarkannya.

 

Masalahnya adalah kita tidak sanggup mewujudkannya, sepatah Amituofo yang kita lafal tidak se-efektif yang dilafal insan yang memahami cara melafal Amituofo. Insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi melafal sepatah Amituofo, jasa kebajikan ini tidaklah serupa.

 

Sepatah Amituofo yang kita lafal tidak dapat terjalin dengan para Buddha dan Bodhisattva, mengapa demikian? Oleh karena di dalam sepatah Amituofo yang kita lafal ini, di dalamnya bercampur baur dengan bentuk-bentuk pikiran, ada keraguan, terputus dan tidak berkesinambungan.

 

Jadi hendaknya tidak ragu, tidak terputus, tidak bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, seperti yang diajarkan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta kepada kita, “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, dengan cara begini melafal Amituofo barulah efektif.

 

Hari ini kita tidak dapat mengendalikan enam landasan indra (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran), enam akar indria ini sedang menciptakan karma buruk, ketika mata melihat rupa, melihat segala sesuatu yang ditemuinya, langsung timbul perasaan suka dan benci, yang ini saya suka, yang itu saya benci, hal ini menciptakan karma buruk, timbul niat pikiran, membeda-bedakan dan melekat, telinga mendengar suara, lidah mengecap rasa, enam akar indra melakukan kontak dengan enam objek luar, adalah menciptakan karma, karma ini kesimpulannya disebut sebagai karma samsara atau karma tumimbal lahir.    

 

Anda sedang menciptakan enam alam tumimbal lahir, jika karma baik lebih banyak daripada karma buruk, maka terjalin dengan tiga alam bajik; karma buruk lebih banyak daripada karma baik, maka terjalin dengan tiga alam penderitaan. Inilah yang kita lakukan selama ini.

 

Dengan hati begini melafal Amituofo, hanya bisa menanam akar kebajikan, tidak bisa serupa dengan yang dikatakan di dalam Sutra, dapat menghapus dosa yang sedemikian beratnya.

 

Apa yang dikatakan oleh Buddha Sakyamuni tidaklah semu, namun hati kita yang tidak suci. Jika dapat menggunakan hati yang suci dan setara melafal Amituofo, maka jasa kebajikan itu sangat besar, serupa dengan yang disampaikan oleh Sang Buddha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011

 

這經上講的,一念相應一念佛,這一念相應滅八十億劫生死重罪。我們一般人聽到很難相信,很難接受,佛說話有沒有誇張、有沒有過分?這一點我們一定要知道,佛菩薩說法決定是真實的,一點都不過分,一絲毫都不誇張。問題是我們做不到,我們念這一聲佛號,跟那個會念的人,上上根的人念一句佛號,功德不一樣。我們這一句佛號不能跟諸佛菩薩相應,為什麼?這個佛號裡頭有夾雜、有懷疑、有間斷。不懷疑、不間斷、不夾雜,大勢至菩薩教給我們的,「都攝六根,淨念相繼」,這個念法才管用。我們今天六根攝不住,攝不住,六根在造業,眼見色,見一切人事物,立刻就起好惡,這個我喜歡、那個我討厭,這就造業,它會起心動念、會分別執著,耳聞聲、舌嘗味,六根對六塵境界都在造業,這個業總而言之就叫做輪迴業。你在製造六道輪迴,善多惡少與三善道感應,惡多善少與三惡道感應,就幹這個事情。這樣的心念佛,只能種善根,不能像經上講的滅那麼重的罪業。佛說的不是假話,是我們的心不清淨。用清淨平等心念佛,這功德就大了,如佛所說。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九五集)  2011/9/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0595

 

 

 

 

“Sulit bersua dengan Buddha”, sulit memperoleh kesempatan untuk terlahir bertepatan dengan Buddha sedang membabarkan Dharma di dunia. Sebelum Buddha Sakyamuni lahir di dunia ini untuk satu kurun waktu yang lama sekali tidak ada Buddha yang membabarkan Dharma, demikian pula setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana di dunia ini untuk satu kurun waktu yang lama sekali tidak ada Buddha yang membabarkan Dharma.

 

Hingga 5,67 miliar tahun kemudian, Bodhisattva Maitreya akan lahir dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, selama kurun waktu yang begitu panjang, tidak ada Buddha yang muncul di dunia.

 

Keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni, yakni pengaruh Dharma-Nya di dunia ini, hanya selama 12 ribu tahun. Kurun waktu 12 ribu tahun ini bila dibandingkan dengan 5,67 miliar tahun, terlampau singkat adanya.

 

Dengan kemunculan Buddha di dunia, barulah manusia memiliki kesempatan buat terselamatkan, mengakhiri samsara keluar dari Triloka; sebaliknya tanpa kemunculan Buddha di dunia ini, kesempatan ini jadi tidak ada, meskipun terlahir di Alam Manusia namun tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

 

Walaupun kita tidak terlahir bertepatan dengan masa Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, namun kita masih berada dalam periode keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni, kesempatan ini juga tidak mudah diperoleh.

 

Periode keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni adalah 12 ribu tahun lamanya, kita lahir pada era ini, 3 ribu tahun telah berlalu, menurut catatan Tiongkok kuno, tahun ini merupakan 3038 tahun Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, jadi kita masih beruntung dapat terlahir pada era keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni, sungguh tidak mudah diperoleh!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2011

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

Dasar perhitungan tiga ribu tahun :

http://tujuhmustika.blogspot.co.id/2017/05/kaisar-zhou-zhao-wang.html

 

Kemunculan Seribu Buddha :

http://lafalamituofo.blogspot.com/2016/07/kemunculan-seribu-buddha.html

 

 

『佛難值』,「值」是遇到,佛很不容易遇到。釋迦佛以前很長的時間,這個世界上沒佛,釋迦佛滅度之後,底下一尊彌勒佛到這個世間來示現成佛,要五十六億七千萬年之後,這麼長的時間裡頭沒有佛出世。而釋迦牟尼佛的法運,就是他的法的影響,只有一萬二千年。一萬二千年跟五十六億年比較,太短暫了。有佛出世,人就有機緣得度,了生死出三界;沒有佛出世,這個機會就沒有了,生到人間來也出不了六道輪迴。我們雖然沒有生在釋迦牟尼佛同時,生在釋迦牟尼佛法運這個範圍的裡面,這不容易。佛的法運一萬二千年,我們生在這個時候,是三千年的末尾,四千年的開端,照中國古時候的記載,今年是釋迦牟尼佛滅度三千零三十八年,很幸運,很不容易!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五九五集)  2011/9/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0595