Friday, July 31, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011 (Bgn 1)


Metode pelatihan diri yang diajarkan “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Apabila kita telah memahaminya, telah tercerahkan, maka terhadap segala sesuatu di dunia ini, semakin tawar semakin bagus.

 

Jika membangkitkan hati Maitri Karuna, ingin menyelamatkan para makhluk, kalau memang ada jodoh maka lakukanlah, bukan menyuruhmu tidak boleh melakukannya; sebaliknya kalau tidak punya jodoh, janganlah memaksakan kehendak, urusan menyelamatkan para makhluk, setibanya di Alam Sukhavati nanti, setelah mencapai kesempurnaan barulah melakukannya, pemikiran begini barulah betul.

 

Dalam satu kelahiran mencapai kesempurnaan, ini adalah urusan besar, tidak ada lagi urusan lain yang lebih besar daripada hal ini; dengan perkataan lain, urusan mencapai KeBuddhaan adalah hal yang paling penting, sedangkan urusan menyelamatkan orang lain bukanlah yang terpenting. Apa alasannya?

 

Sebelum mencapai KeBuddhaan, terus terang saja, anda takkan mampu menyelamatkan para makhluk, hanya setelah anda berhasil mencapai KeBuddhaan, barulah anda mampu menyelamatkan para makhluk, pemikiran ini sangatlah penting.

 

Apa yang disampaikan oleh Buddha dan Bodhisattva, Guru Sesepuh dan praktisi senior, setiap kalimatnya adalah perkataan sejujurnya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011

 

「由上可見,一心之境甚為幽深。是故本經,宗於專念」,本經教人修行的方法,就是一向專念阿彌陀佛。如果我們真的聽懂、真的覺悟了,在這個世間,一切人事物愈淡薄愈好。真正發慈悲心,想度這些苦難眾生,我們有緣應該要做,不是叫你不做;如果沒有緣,不要去攀緣,度眾生的事情,等到極樂世界圓滿成就之後再做,這個想法就對了。一生圓滿成就,這是大事,沒有比這個更大的事情了;換句話說,沒成佛的人成佛要緊,度眾生不要緊。為什麼?沒成佛,說老實話你也度不了眾生,只有你成佛之後,你才真正度得了眾生,這個觀念非常重要。佛菩薩、祖師大德告訴我們的,句句都是實話。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二二集)  2011/5/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0422


 

 

 

Master Ouyi mengatakan, ”Membangkitkan keyakinan, melafal berkesinambungan”, tanpa keraguan sama sekali, benar-benar dapat mewujudkan pikiran tidak terpencar, tidak ragu dan tidak terputus. “Siang malam melafal 100 ribu kali, atau 50 ribu kali, atau 30 ribu kali, yang penting jangan kian melafal kian berkurang jumlahnya”.

 

Bagaimana cara melafalnya, terpulang kembali pada kondisi diri sendiri, kalau dalam sehari dapat melafal 100 ribu kali, kondisi kehidupannya pasti sangat lumayan. Mengapa demikian?

 

Dia tidak perlu bekerja cari nafkah, sandang, pangan dan papan terpenuhi, bahkan ada pelayan yang meladeni segala keperluan hidupnya, alangkah besarnya pahala begini.

 

Dia dapat melafal 100 ribu kali, atau 50 ribu kali, atau 30 ribu kali, merupakan insan yang berpahala besar, 30 ribu lebih mudah diwujudkan.

 

Saya pernah melihat ada praktisi yang sepanjang hidupnya belajar ajaran Zen, ajaran Tantra, ajaran Tiantai sekaligus juga melafal Amituofo, sampai ketika dia berusia 80 tahun barulah menyadari, ternyata Zen, Tantra, Tiantai tidak terpakai, akhirnya dia melepaskan semua metode, beralih memfokuskan diri pada pelafalan Amituofo.

 

Dia bilang padaku tiap hari dia melafal 30 ribu kali. Tepat! Dia telah lanjut usia, lantas bagaimana cara dia melafal sehari 30 ribu kali? Dia menghitung sampai 30 ribu kali, tiap hari takkan kurang.

 

Dia tinggal di dusun, usai sarapan jalan santai di luar rumah, satu kali berkeliling butuh waktu 2-3 jam, 30 ribu lafalan pun selesai dilafal. Satu langkah melafal satu kali, yang juga berarti dia telah berjalan 30 ribu langkah, sambil olahraga sambil melafal Amituofo, cara ini bagus!

 

Jika mengandalkan tasbih malah sulit terfokus, jadi menggunakan cara Master Yin Guang, yakni menghitung dari angka 1-10, lalu diulangi lagi dari angka 1-10, cara ini dapat memfokuskan pikiran.

 

Melafal Amituofo adalah belajar memfokuskan pikiran, bukan pada berapa banyak jumlah lafalan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011

 

下面這個話還是蕅益大師講的,「只貴信得及」,真相信,「守得穩,直下念去」,一點懷疑都沒有,真正做到不夾雜、不懷疑、不間斷。「或晝夜十萬,或五萬、三萬,以決定不缺為準」。怎麼個念法,要看自己的生活環境,一天能念十萬聲,他的生活環境一定非常好。為什麼?他不需要工作,衣食住行有人伺候,有人照顧他,這個福報就大了。他可以念十萬、念五萬、念三萬,都是有大福報的人,三萬比較容易。我見過有些老居士晚年退休之後,他也學禪、也學密、也學教、也念佛,到最後八十多歲退休了,覺得禪、教、密都用不上力,最後全放棄了,死心塌地念佛,告訴我每天念三萬聲。正確!而且年歲大了,他三萬聲怎麼念?三萬聲是計數,每天不缺。他住在鄉下,在鄉下散步,吃了早飯出去散步,轉一圈大概兩個小時,二、三個小時,三萬聲佛號念完。他是一步一聲佛號,也就是說他走了三萬步,又是運動又是念佛,這個方法好!如果掐念珠計數不能攝心,那就用印光法師的方法,不必計數,就是這個佛號十句十句一直念到底,這個方法能攝心。念佛這個法門是講究真實功夫,不在念佛多少聲,貴在攝心。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二二集)  2011/5/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0422

 

 

 

 

Melafal Amituofo adalah belajar memfokuskan pikiran, bukan pada berapa banyak lafalan. Memfokuskan pikiran adalah tidak ragu, tidak terpencar. Meskipun bukan merupakan hati sejati (ketulusan hati), namun tidak ragu dan tidak terpencar adalah terjalin dengan hati sejati, kekuatan ini sangatlah besar, terjalin dengan Buddha Amitabha; sebaliknya jika masih ada keraguan, pikiran masih bercabang-cabang, maka takkan bisa terjalin.

 

Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”, kalimat ini sangat penting sekali.

 

Masih ada kalimat lainnya yakni “Hati suci maka Tanah Buddha pun suci”, walaupun sehari mampu melafal hingga 100 ribu kali, tetapi hati tidak suci, kekotoran batin dan tabiat masih begitu berat, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, cuma bisa sekadar menanam akar kebajikan.

 

Walaupun akar kebajikan dan berkah kebajikan sangat tebal, namun jodoh untuk terlahir ke Alam Sukhavati belum masak, dalam satu masa kehidupan sekarang tidak dapat terlahir ke Negeri Buddha Amitabha.

  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011

 

念佛這個法門是講究真實功夫,不在念佛多少聲,貴在攝心,就是要求不懷疑、不夾雜。不懷疑、不夾雜雖然不是真心,跟真心相應,跟真心接近,感應的力量特別強,與阿彌陀佛感應道交;如果有疑、有雜念,感應就沒有了。佛祖告訴我們,要求我們「一念相應一念佛,念念相應念念佛」,這句話非常重要。還有一句話告訴我們,「心淨則佛土淨」,一天雖然念十萬聲,心不清淨,煩惱習氣還很重,那不能往生,那只是說種善根。善根福德雖然深厚,往生的緣不具足,這一生不能往生。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二二集)  2011/5/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0422