Saturday, November 28, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 12)

 

  

“Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 24 tentang tiga tingkatan kelahiran di Alam Sukhavati, semua ini diperoleh dari membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan.”

 

Membangkitkan Bodhicitta dan memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan merupakan dua unsur yang tak terpisahkan; jika hanya melafal Amituofo tanpa disertai membangkitkan Bodhicitta, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati; sama halnya pula jika hanya membangkitkan Bodhicitta tanpa disertai melafal Amituofo, maka juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Hal ini mesti diingat baik-baik, jika ingin pada satu masa kehidupan ini berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, maka kalimat ini mesti diingat baik-baik.

 

Bodhicitta adalah Maha Prajna (kebijaksanaan agung), Maha Karuna (belas kasih universal) dan Purva-pranidhana (tekad agung), tiga unsur ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

 

“Kemelekatan pada perasaan adalah kedunguan”, selama anda masih memiliki perasaan suka dan benci pada hal-hal di dunia ini, baik itu berupa benda mati, atau pada seseorang, inilah yang disebut sebagai kedunguan. Bodhicitta yang anda bangkitkan itu hanya semu belaka, apa alasannya?

 

Kemelekatan pada perasaan, apa yang anda sukai, hobi anda, jika anda melekat padanya maka akan merusak Bodhicitta-mu. Inilah alasan mengapa Bodhicitta sulit dibangkitkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

「經中三輩往生,皆由於發菩提心,一向專念阿彌陀佛。」發菩提心跟一向專念都重要,只有一向專念,沒有發菩提心,去不了;雖發菩提心,沒有一向專念,也去不了。這是一定要記住,我們想這一生往生極樂世界,親近阿彌陀佛,這句話牢牢的記住。菩提心就是大智、就是大悲、就是大願、就是圓融一體之心。「情執深重即是愚痴」,你只要對這個世間任何一樁事,或者是一個物、一個人有貪戀的話,這叫愚痴,你發的那個菩提心是假的不是真的。為什麼?情執,你的喜歡、你的愛好把你的菩提心全部破壞掉了。這是菩提心難發。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559

 

 

 


“Melekat dan membeda-bedakan”, jika masih ada perasaan melekat dan membeda-bedakan, maka hati Maitri Karuna tidak ada lagi, hati yang setara juga tidak ada lagi.

 

Oleh karena memiliki hati yang melekat dan membeda-bedakan, bagaimana mungkin anda akan bersukacita pada “Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa syarat“?

 

Selama anda masih memiliki perasaan suka dan benci, maka Maitri dan Karuna tidak ada lagi. Saya suka orang ini, saya benci orang itu, Maha Maitri Maha Karuna tidak ada lagi, Maha Maitri Maha Karuna adalah Bodhicitta.

 

Kami mendefinisikan Bodhicitta sebagai tulus, suci, setara, tercerahkan, Maitri Karuna. Di sini dikatakan dengan bagus, Bodhicitta adalah Maha Prajna (kebijaksanaan agung), Maha Karuna (belas kasih universal) dan Purva-pranidhana (tekad agung), tiga unsur ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

 

Asalkan kita dapat membangkitkan tiga unsur di atas, maka hati yang suci, setara dan tercerahkan segera muncul ke permukaan. Namun manusia selalu saja tidak menyadari bahwa alam semesta beserta seluruh isinya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, malah suka membeda-bedakan, inilah kemelekatan, sehingga merusak Bodhicitta.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

「取相分別則有取捨」,有取捨慈悲心就沒有了,平等心沒有了。所以你有取捨,「何由興起」,你怎麼能夠興起「無緣大慈,同體大悲」?只要有取捨,這兩個沒有了。我喜歡這個人,我討厭那個人,大慈大悲沒有了,大慈大悲是菩提心。我們這麼多年來,在講經教學當中,我把菩提心說成十個字,真誠、清淨、平等、正覺、慈悲。此地說得也很好,菩提心是大智、大悲、大願、圓融一體,也說得好。我們什麼時候真正發出圓融一體之心?只要圓融一體之心發出來,清淨平等覺馬上就現前。不知道遍法界虛空界跟自己是一體,總是起取相分別,叫著相,這是把菩提心破壞了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559

 

 

 

 

“Orang begini bagaimana bisa membangkitkan Bodhicitta?” Tidak punya kebijaksanaan, tidak punya Maitri Karuna, suka membeda-bedakan, saya suka yang ini benci yang itu, bagaimana bisa berhasil?

 

Hal ini ada dalam kehidupan keseharian kita. Kita membangkitkan niat memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, mengapa tidak efektif? Mengapa masih sering sakit-sakitan? Mengapa ingin melakukan sebutir kebajikan saja banyak rintangannya? Apa penyebabnya?

 

Alasannya tidak berada di luar, namun ada pada diri sendiri, hal ini mesti jelas dipahami. Diri sendirilah yang bersalah, pengalaman ini mesti disampaikan kepada generasi berikutnya, agar mereka tidak mengulangi kesalahan kita, sehingga perjalanan masa depan mereka bisa lancar.

 

Di mana letak kesalahan kita? Kerendahan hati tidak cukup, perasaan hormat itu juga tidak cukup, makanya walaupun berbuat kebajikan tetapi mengundang iri hati dari orang lain.

 

Kami sendiri juga menyadarinya dengan jelas, sangat mengerti, oleh karena telah melepaskan kemelekatan terhadap ketenaran dan keuntungan, sehingga orang-orang yang iri hati pada diriku malah memberi manfaat bagi kemajuan batinku.

 

Seperti yang dikatakan Upasaka Pang bahwa “Daripada berbuat kebajikan lebih baik tidak melakukan apa-apa”. Di dalam Persamuan Surangama, Buddha Sakyamuni berkata : Begitu niat baik dibangkitkan, jasa kebajikan sudah sempurna.

 

Jadi bukan berarti anda tidak bersedia mewujudkan kebajikan tersebut, tetapi terlampau banyak rintangan, anda tak berdaya melanjutkannya lagi, jasa kebajikanmu telah sempurna.

 

Kebenaran ini mesti dipahami, barulah ajaran sutra dapat diingat. Bodhicitta telah dibangkitkan, jangan biarkan ada rintangan, lepaskanlah segala pertentangan benar dan salah (merasa diri sendiri yang benar dan orang lain yang salah).

 

Jika pertentangan benar dan salah ini tidak dilepaskan, maka selamanya Bodhicitta tidak berdaya dibangkitkan, sehingga upaya kita melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, pasti ada rintangannya.

 

Maka itu selama hati kita masih hobi membeda-bedakan, melekat pada perasaan suka dan benci, maka tidak berdaya membangkitkan “Maitri Karuna kepada semua makhluk adalah tanpa syarat“, sehingga diri sendiri hanya memiliki nama semu sebagai seorang praktisi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

  「如是之人何能發菩提心?」沒有智慧、沒有慈悲、沒有圓融,取相分別,我喜歡這個、討厭那個,這怎麼能成就?這些都在我們日常生活當中。我們發心一向專念,為什麼沒有感應?為什麼身體毛病還有這麼多?為什麼想做一樁好事有這麼多障礙?細心去追究總有原因。原因不在外面,原因在自己,這個道理一定要把它守定,外面的原因還是自己的原因所感應的。我們自己錯了,給後人記取經驗,不犯我們的過失,他將來的路就能走得很平穩。我們的過失在哪裡?謙虛不夠,恭敬不夠,四攝法不夠。所以雖然是好事,也給人帶來嫉妒障礙。我們自己很清楚、很明白,因為自己把名聞利養已經放下了,所以這些嫉妒障礙對我自己來說是有利沒有害的。龐居士所講的,「好事不如無事」。心發得很圓滿,楞嚴會上佛說:善心一發,功德就圓滿。不是你不做,是因為有障礙,你沒有法子去做,你的功德已經圓滿了。這些理事都要明瞭,經典的教訓我們才能夠記取。菩提心發了,不要再讓它有障礙。菩提心發了,是非人我都放下;是非人我沒有放下,菩提心決定發不起來,那我們念佛求生淨土,決定是有障礙的。所以取相分別則有取捨,只要有取有捨,就沒有辦法興起無緣大慈、同體大悲,這就有名無實。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559