Iri hati pada insan bijak, dosa ini sangat berat. Mengapa demikian? Insan bijak melakukan kebajikan demi orang banyak, andaikata anda sirik padanya, lalu merintanginya, bagi dirinya bukanlah masalah, bahkan dia justru merasa sangat gembira. Mengapa demikian? Saya tidak perlu capek-capek melanjutkan-nya lagi.
Jika anda tidak merintanginya, dia masih harus sibuk setiap harinya, sekarang anda merintanginya, dia terpaksa berhenti bekerja, dia malah senang karena punya banyak waktu senggang guna terfokus melafal Amituofo, dia senang anda sengsara, karena dosamu beratnya bukan main.
Andaikata insan bijak ini, anda tidak merintanginya, dia dapat memberi manfaat bagi ribuan bahkan puluhan ribu orang, cakupan kebajikannya bisa begitu luas, sedangkan waktu berlangsungnya manfaat tersebut bisa bertahan hingga ratusan bahkan ribuan tahun lamanya, betapa besarnya jasa kebajikan ini, lantas karena iri hati maka anda merintanginya, akibatnya upaya-nya jadi gagal, dosa ini alangkah beratnya, alangkah mendalamnya, anda sendiri tidak dapat membayangkannya.
Maka itu salah satu butir dari “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra” adalah “Bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan orang lain”. Melihat orang lain melakukan kebajikan, takkan timbul iri hati, namun ikut bersukacita, memberi pujian, berupaya mendukung dan membantunya, maka seberapa besar jasa kebajikan yang diperolehnya, kita yang membantunya juga ikut menikmati jasa kebajikan yang sama dengan dirinya.
Hal ini butuh kebijaksanaan, barulah dia akan ikhlas memberi dukungan dan bantuan, sebaliknya orang yang tidak punya kebijaksanaan pasti akan sirik dan berupaya menghalangi, orang yang memiliki kebijaksanaan akan bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
害賢曰嫉,嫉妒賢人罪惡非常重。為什麼?賢人他能為社會、為國家、為大眾做許許多多的好事,你要是嫉妒他、障礙他,他無所謂,他可能還很歡喜。為什麼?我不需要做了,你不障礙,他事情很多,他天天要忙碌去做事情,你障礙他,他就不要做了,他好好去念佛去了,可是那個罪可不得了。如果這個賢人,你不障礙,他能夠利益千萬人,他能夠利益,時間來講能利益幾百年、幾千年,這個功德多大,你障礙他,讓他不能成就,這個罪多重、多深,你自己能想得到。所以佛家,普賢菩薩十大願王有「隨喜功德」,這個好人他做好事,不嫉妒,隨喜。隨喜什麼?歡喜讚歎,盡心盡力幫助他,他有多大的功德,幫助他的人也是一樣大的功德。這有智慧,他才會幹這個事情,沒有智慧的人他就嫉妒,有智慧的人隨喜。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430
Melihat orang lain berbuat kebajikan, hendaknya ikut bersukacita dan memuji, jika punya kemampuan lebih, maka kerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantunya mewujudkan kebajikannya.
Hal ini bukanlah berarti membantu keberhasilannya seorang saja, namun telah mewujudkan manfaat bagi orang banyak. Jadi iri hati merupakan kesalahan yang paling kerap dilanggar, dari sekian banyak bentuk karma buruk yang berat, iri hati menempati urutan pertama.
Yang kedua adalah “rakus makan”. Ini juga merupakan karma buruk yang berat, dalam masyarakat sekarang ini kita dapat melihat dalam sebuah jamuan, hidangan satu meja saja bisa mencapai ratusan ribu dolar, saya tercengang mendengarnya.
Lihatlah di berbagai pelosok dunia ini, masih banyak orang yang menderita kelaparan, bagaimana bisa tega hidup boros seperti ini! Hidangan satu meja jamuan mencapai ratusan ribu dolar, ini dapat membiayai kehidupan satu keluarga empat orang setahun lamanya, sementara anda cuma makan satu kali saja sudah menghabiskannya. Tahukah anda berapa besar dosa ini!
Buddha Sakyamuni sepanjang hayatNya cuma memiliki tiga helai jubah dan satu patra, makan sehari satu kali saja yakni pada siang hari, beristirahat di bawah sebatang pohon dan esoknya pindah lagi, padahal Beliau adalah Buddha.
Buddha merupakan sosok yang memiliki kebijaksanaan dan pahala sempurna, lantas mengapa Beliau berlaku sedemikian rupa? Sang Buddha memperagakan teladan buat diperlihatkan kepada kita semuanya. Buddha takkan hidup boros sama sekali, tahu menghargai berkah.
Hari ini di dalam masyarakat, orang yang memiliki pahala besar itu sangat banyak, kalau hidup boros begini, berapa tahun dia dapat menikmati pahalanya?
Andaikata dia memiliki pahala satu abad, mungkin satu dekade sudah habis dinikmatinya, berkah kandas ajal pun menjelang, meskipun masa hidup masih ada, tetapi pahala sudah kandas, anda tidak dapat hidup lagi, setelah mati jatuh ke tiga alam rendah.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
看到別人好事,歡喜讚歎,有力量的,盡心盡力幫助他、成就他。這不是成就他個人,成就他的好事就是成就利益社會眾生。這是第一個例子,也是最容易犯的,犯了之後,這個罪過非常非常之重,擺在第一。
第二個「貪餮」。餮是什麼?貪吃。這個也嚴重,在現前社會我們能看見。一個宴會聽說一桌酒席的菜幾十萬,我聽到這個話都嚇到了。你想想看今天世界上有多少窮苦的人三餐不繼,怎麼能忍心這樣浪費!一桌酒席十幾萬,一般人一家四口一年的生活費,你一餐飯就吃掉了,你知道這個罪多重!我們想想釋迦牟尼佛他老人家一生的生活,三衣一缽,日中一食,樹下一宿,佛,不是別人。佛是智慧圓滿、福報圓滿,他為什麼這麼做?他這個做法叫代眾生苦,做出樣子來給大家看。佛是一點點都不浪費,懂得惜福。今天世間大福報的人很多,如果是這樣浪費的話,他的福報能享幾年?他有一百年的福報,大概不到十年就享完了,享完之後,中國古人有一句話說,祿盡人亡,你雖然還有壽命,你福報沒有了,你也活不了了,死了以後到哪裡去?三途、地獄,都到那裡去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430
Orang masa kini tidak percaya pada keberadaan tiga alam rendah (alam binatang, alam setan kelaparan dan alam neraka), mereka juga tidak percaya pada enam alam tumimbal lahir, mereka bilang ini adalah kepercayaan takhayul. Sampai nanti ketika dia berhasil melihatnya, menyesal pun sudah terlambat. Mana boleh tidak percaya!
Maka itu seorang praktisi mana boleh menjadi Meat Lovers, hendaknya menjauhi makanan non Veggie, termasuk lima jenis sayuran berbau tajam. Tetapi kalau sebagai Veggie masih juga memilih-milih sayuran mana yang suka dan tidak suka dimakan, ini termasuk menikmati berkah.
Maka itu Vihara zaman dulu, hidangan yang disajikan cuma satu macam sayuran saja, dimasak satu kuali, efisien! Vihara memiliki ketentuan saat penyajian hidangan adalah satu macam sayur dan satu macam sup.
Orang zaman dulu tidak sudi menikmati berkah, seluruh berkahnya dilimpahkan ke Alam Sukhavati, setelah terlahir ke Alam Sukhavati barulah menikmati berkah yang sesungguhnya, sebelum tiba di Alam Sukhavati, pasti takkan menikmati berkah.
Orang masa kini buru-buru menikmati berkah, takut berkahnya tidak cepat kandas, sehingga berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati menjadi sebuah tanda tanya.
Maka itu hal ini mesti dipahami, menyingkirkan segala nafsu keinginan, menyingkirkan kebiasaan rakus makan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
Lima jenis sayuran berbau tajam :
http://cahayatanpabatas.blogspot.com/2013/09/lima-jenis-sayuran-yang-berbau-tajam.html
https://sekuntumlotus.blogspot.com/2019/01/kutipan-ceramah-master-chin-kung.html
現在人不相信有三途、地獄,不相信有六道輪迴,他說這是迷信,等到他見到了,後悔莫及。怎麼能幹這種事情!所以這個一定要戒除。學佛的同學能夠把肉食斷掉,葷腥斷掉,這是好事情。可是素菜裡面如果也貪圖,也在這上面多做講究,也錯了,還是在享福。所以古時候寺院庵堂,現在變了,古時候寺院庵堂就一個菜,大鍋菜,省事!寺院庵堂過堂吃飯它有規矩,一個菜、一個湯。古人修福不享福,把享福都迴向到極樂世界,往生到極樂世界去享福,沒到極樂世界之前決定不享福。現在的人現前講究享福,能不能到極樂世界就成問題了。所以這是一定要知道,把貪念放下,貪吃也放下。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430