“Sutra Intan menyebutkan : Apabila di hati terdapat kemelekatan, berarti melekat pada pemikiran adanya aku, manusia, para makhluk dan kehidupan.” Selama anda melekat pada satu unsur saja, maka keempat-empatnya pasti juga ada, oleh karena saling berkaitan.
Setelah memahami kebenaran ini, barulah disadari ternyata pelatihan diri kita sekarang ini tidak secara benar, sehingga menemui banyak rintangan. Apakah rintangan ini dapat diurai? Sangat sulit.
Di mana letak kesulitannya? Kesulitannya terletak pada setelah kita mendengar ceramah Dharma, kita tidak dapat mengubah pola pikir kita. Apakah kita bisa tidak melekat? Kita tidak sanggup melepaskan kemelekatan! Lantas bagaimana?
Cara yang diajarkan Buddha adalah melatih diri berkesinambungan selama jangka panjang, selama anda tidak mengabaikan metode ini, membaca sutra, melafal Amituofo, mendengar ceramah, jika setahun masih tidak bisa berubah, maka lanjutkan hingga 10 tahun; 10 tahun tidak bisa berubah, maka lanjutkan hingga 20 tahun; 20 tahun tidak bisa berubah, maka lanjutkan hingga 30 tahun, pasti bisa berubah. Apa alasannya?
Setelah melatih diri untuk jangka waktu yang lama, anda telah memahaminya. Jika waktunya belum tiba, pemahaman-mu adalah semu, tidak bisa diandalkan. Mengapa demikian? Begitu berhadapan dengan cobaan dan godaan, hati pun jadi kalut, tabiat pun bermunculan.
Kesimpulannya cuma satu kalimat, kekuatan dari melatih berkesinambungan itu sangat lemah, di sinilah letak permasalahannya. Praktisi senior zaman dulu mengajarkan kita “Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, barulah anda sadari ternyata kalimat ini sungguh beralasan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011
「又《金剛經》曰:若心取相,則為著我、人、眾生、壽者。」你著相了,只要你著一個,四個統統都有,它都有連帶關係的。我們明白這些道理,就曉得我們現前修的不如法,所以障難這麼多。障難能不能化解?很難。難在哪裡?難在我們聽了佛法,我們這個觀念轉不過來。能不取相嗎?能不執著嗎?放不下!怎麼辦?佛的辦法就是教你長時薰修,你只要不捨棄這個方法,讀經、念佛、聽教,一年轉不過來,十年;十年轉不過來,二十年;二十年轉不過來,三十年,肯定會轉過來。為什麼?時間久了,你真的明白了。時間不到,你那個明白是假的,靠不住的。為什麼?境界現前馬上就亂了,毛病習氣全跑出來了。總而言之一句話就是,薰習的力量太薄弱,問題在這裡。古大德教我們「一門深入,長時薰修」,你才知道它非常有道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五五九集) 2011/8/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0559
“Segala yang berwujud adalah khayalan semu”, anda menganggap khayalan semu sebagai nyata adanya, anda telah keliru. Yang nyata itu cuma jiwa sejati, hanya jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) sempurna adanya.
Menemukan kembali jiwa sejati, apa yang ditemukan? Tak lain adalah segala sesuatu merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, tidak berbeda dan tidak ada dua-nya, inilah yang disebut menemukan kembali jiwa sejati, kebijaksanaan-mu muncul ke permukaan.
Dengan munculnya kebijaksanaan, maka khayalan, perbedaan, kemelekatan, dengan sendirinya tidak ada lagi. Jika masih terdapat khayalan, perbedaan, kemelekatan, berarti kebijaksanaan belum muncul, yang muncul itu adalah kekotoran batin, bukan kebijaksanaan.
Kebijaksanaan dan kekotoran batin ibarat terang dan gelap, dua sisi, saat terang muncul gelap segera lenyap, saat gelap muncul terang pun jadi sirna. Jadi saat kebijaksanaan muncul kekotoran batin segera sirna, jika masih ada kekotoran batin berarti tidak ada kebijaksanaan.
Kebenaran ini mesti dipahami, kebenaran ini mesti taruh di hati, senantiasa merenungkannya, apakah saya memiliki secuil kebijaksanaan? Apakah saya telah melatih diri secara benar? Apakah pada satu masa kehidupan ini saya bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Hendaknya melepaskan segala hal yang dapat menghalangi upaya kita terlahir ke Alam Sukhavati, begini sudah betul.
Kapan kita melepaskannya? Sekarang juga harus melepaskannya, jangan tunggu lagi. Insan zaman dulu memiliki sebuah pepatah, “Jalan menuju alam baka tidak membedakan tua dan muda”.
Hari ini tidak tahu kejadian hari esok, hari ini masih kelihatan baik-baik saja, namun esok hari entah masih hidup atau tidak? Tidak ada jaminannya. Maka itu saat sekarang juga harus belajar melepaskan segala kemelekatan, jangan menunggu sampai hari esok, jika menunda hingga hari esok, masih saja diliputi kekotoran batin, tidak punya kebijaksanaan.
Insan yang memiliki kebijaksanaan takkan menunda, seketika juga mengubah kekotoran batin menjadi kebijaksanaan, hanya dalam sebersit niat pikiran.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011
Artikel Terkait :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Agustus 2011
凡所有相皆是虛妄,你把虛妄當真的,你錯了。真的東西只有自性,自性是圓滿的。明心見性,見的什麼性?所見不外萬法一如、萬法一體、萬法無二,這就是見性,你的智慧現前了。智慧現前,妄想分別執著自然沒有了;有妄想分別執著,沒智慧,你所現前的是煩惱,不是智慧現前,煩惱現前。智慧跟煩惱是明暗的兩面,明現了暗就沒有,暗現了明就沒有。所以有智慧決定沒有煩惱,有煩惱決定沒有智慧。這個道理要懂,這個道理要放在心上,常常想著,我有沒有一點智慧?我的學習如不如法?我這一生能不能往生?把往生所有一切障礙放下,這就對了。什麼時候放?現在就要放,不要等待。古人有一句話說得很好,「黃泉路上無老少」。今天不知道明天事,今天活在這個世間,明天還能嗎?靠不住。那這個事情我現在就要辦,我不能等到明天,等到明天那我又是煩惱,沒有智慧。有智慧的人不等,即在當下,轉煩惱為菩提就在一念之間。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五五九集) 2011/8/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0559