Lihatlah topi yang dikenakan pejabat zaman kuno di Tiongkok, yang dinamakan “Wu-sha-mao (topi kasa hitam)”, bentuknya menyerupai anak tangga, bagian depannya setingkat lebih rendah, bagian belakangnya setingkat lebih tinggi, ini ada makna-nya.
Pada zaman dahulu kala di Tiongkok, seseorang yang telah menjadi pejabat kekaisaran akan mengabdi demi rakyat, dengan mengenakan “Wu-sha-mao (topi kasa hitam)”, berarti bagian depannya melambangkan diri sendiri, bagian belakang adalah generasi berikutnya, yakni penggantiku harus dapat mengungguli prestasiku.
Senantiasa mengembangkan hati begini, semoga orang lain dapat melampaui prestasiku, standarku adalah yang paling rendah, penerusku pastilah orang yang lebih berprestasi dari diriku, barulah masyarakat ini akan lebih sejahtera.
Kalau saya berharap selalu berada di urutan nomor satu, orang lain tidak boleh mengungguli prestasiku, maka masyarakat ini akan kian terpuruk, hari ini saya telah mengerahkan segenap daya upayaku, sungguh menyedihkan.
Lantas bagaimana? Hendaknya membina calon penerus, menghasilkan insan berbakat, mengerahkan segenap tenaga dan pikiran untuk mewujudkannya, ini merupakan jasa kebajikan terunggul.
Tidak ada lagi jasa kebajikan yang melampaui hal ini, tidak ada lagi jasa kebajikan yang lebih besar lagi, ini merupakan jasa kebajikan yang sesungguhnya, merupakan karir yang penuh kemuliaan.
Buddha Sakyamuni tidak sudi menjadi pejabat, juga tidak sudi menjadi pebisnis, hal ini menjelaskan Beliau tidak mendambakan kedudukan, juga tidak menghendaki kekayaan, lantas apa yang Beliau inginkan? Membina generasi penerus, mengembangkan insan-insan berbakat, mewujudkan keberhasilan bagi generasi mendatang, Praktisi Senior!
Apa yang telah dilakukanNya, sepanjang waktu beribu-ribu tahun lamanya, hingga hari ini, semua orang masih mengingat budi dan jasaNya, memuja dan menjunjung Guru Pembimbing Dewa dan manusia, Dia-lah Buddha Sakyamuni.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
古人,你看看中國從前做官戴的烏紗帽,那烏紗帽像樓梯一樣,前面一層低,後頭一層高,它是表法的。你做了官,這是為人民服務,你要記住,希望什麼?前面是自己,後頭是後人,後人要超過我。常常存這個心,希望別人都超過我,我這個水平是最低的,都超過我,這社會多美好。如果我是第一,別人都不如我,這社會完了,我今天做到最高峰,真可憐。怎麼辦?提拔下一代,培養下一代,全心全力把這個事情做好,第一功德。沒有比這個功德更殊勝,沒有比這個功德更大的,真實功德,最偉大的事業。釋迦牟尼佛不做官,釋迦牟尼佛不經商,說明他不要地位,他不要財富,他要的是什麼?提拔後人,栽培後人,成就後人,大德!所以大富大貴不如他,大富大貴,人誰知道?千萬年之後沒人知道。他做的這樁事情,千萬年後,人都記念他,都還崇拜他。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486
Manusia hidup di dunia ini mesti belajar rendah hati, belajar menghormati orang lain. Harus meneladani bagaimana cara insan suci mewujudkan keberhasilan bagi generasi selanjutnya, mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantu generasi berikutnya, dengan demikian pada satu masa kehidupan ini tidak sia-sia kita datang ke dunia ini, kita melewati satu masa kehidupan ini dengan penuh makna, sungguh bernilai.
Walaupun tidak memiliki kedudukan dan harta kekayaan, namun kehidupannya amat berharga dan penuh makna, tak terlewatkan secara sia-sia. Inilah yang diperagakan oleh insan suci dan bijak kepada kita.
Zhou Gong memiliki kedudukan dan harta kekayaan, merupakan abang dari Kaisar Zhou Wu-wang, jadi Zhou Gong juga adalah seorang pangeran, putra dari Kaisar Zhou Wen-wang.
Namun Zhou Gong itu orangnya rendah hati, dapat menerima pendapat dari orang lain, siapapun yang datang menemuinya, dia pasti memperlakukan setiap orang dengan setara, tak peduli saran maupun kritikan yang dilontarkan kepada dirinya, Zhou Gong juga menerimanya dengan senang hati, dia memiliki kebijaksanaan untuk memutuskan saran atau kritikan yang mana yang boleh digunakan dan mana yang tidak boleh, maka itu baik lawan maupun kawan juga senang mendekatkan diri dengannya.
Zhou Gong setiap saat selalu memikirkan bagaimana mengembangkan insan-insan berbakat guna mengabdi pada negara, mendukung keponakannya, Kaisar Zhou Cheng-wang.
Sepanjang perjalanan sejarah Tiongkok terdapat empat era pemerintahan yang sejahtera yakni Dinasti Zhou era pemerintahan Kaisar Zhou Cheng-wang; Dinasti Han era pemerintahan Kaisar Han Wen-di; Dinasti Tang era pemerintahan Kaisar Tang Tai-zong dan Kaisar Tang Xuan-zong; pada periode ini kondisi negara paling stabil, rakyat paling makmur dan sejahtera, masyarakat paling harmonis, hingga ada istilah dimana pada malam hari tidak perlu mengunci pintu rumah, barang yang tercecer di jalanan takkan diambil orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
Catatan :
Zhougong adalah adik dari Kaisar Zhou Wu-wang, dia mendukung pemerintahan abangnya, setelah abangnya mangkat, dia mendukung pemerintahan keponakannya, menanam landasan yang kuat bagi kelangsungan Dinasti Zhou selama 800 tahun.
人在這個世間要學謙虛、要學恭敬。一定要學聖人怎麼樣成就底下一代,全心全力幫助下一代,這樣我們這一生沒有白來,我們這一生過得有意義、有價值。雖然沒有爵位、沒有財富,他真有價值、真有意義,他這一生沒有白過。這是聖賢人表演給我們看的。
周公有地位、有財富,他的哥哥是武王,帝王,他也是王子,文王的兒子。可是這個人謙虛,這個人接納別人的意見,什麼人去見他,他都平等對待,給他提出意見,不管是好是壞他都接受,他有智慧判斷可用、不可用,所以人人都願意親近他。念念為國家培養人才,輔佐成王,他的職位是太傅,成王的老師,他教什麼課程?教倫理道德。皇帝有三個老師,第一個是太保,太保教的是什麼?衛生保健,教這個;第二個老師是太傅,教你倫理道德;第三個老師叫太師,教你怎樣治國,齊家治國,教你這些學術,三個老師,三門課程。成王的太師,就是教他治國,治家治國的是姜太公,教倫理道德是周公,教衛生保健是召公,也是他的叔叔,小叔。周有成康之治,漢有文景,唐有貞觀、開元,這都是中國歷史上天下最安定,人民最幸福,社會和諧,所謂夜不閉戶,路不拾遺。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486
Manusia di dunia ini yang dapat hidup hingga usia seabad tidaklah banyak, waktu begitu singkat, hendaknya tahu menghargai waktu, apa yang merupakan hal yang paling berharga? Waktu adalah yang paling berharga.
Orang sekarang juga sangat menghargai waktu tetapi arahnya sudah keliru, katanya waktu adalah uang, jadi tiap menit dan detiknya digunakan guna mengejar harta dan kedudukan, ketenaran dan keuntungan.
Zaman dulu untuk berguru pada seseorang tidaklah gampang, seperti yang dikatakan sebagai “Belajar itu harus atas kemauan sendiri”. Anda memohon bimbingan pada seorang kalyanamitra, dia pasti senang mengajarimu, tetapi kalau anda bilang......kondisi keluargaku serba berkecukupan, maka itu hari ini mengundangmu datang mengajariku ke rumahku......kalyanamitra itu pasti takkan sudi mengajarimu. Mengapa demikian?
Anda tidak punya rasa hormat, oleh karena tidak punya rasa hormat, anda takkan berhasil dalam belajar. Jadi ini bukanlah si guru merasa harga dirinya jatuh atau gengsi, bukan begitu.
Guru mengamati muridnya terlebih dulu, berapa banyak yang sanggup anda pelajari, berapa banyak yang mampu anda cerna, faktor ini bukan terletak pada si guru, tetapi ada pada ketulusan dan rasa hormatmu, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Jika tidak memiliki hati yang tulus dan rasa hormat, meskipun Buddha dan Bodhisattva datang mengajarimu juga tidak ada gunanya, anda takkan memperoleh apa-apa.
Maka itu dalam mengajari orang lain, guru akan menilai ketulusan dan rasa hormat dari muridnya, mengamati sampai sejauh mana kemampuan si murid, demikianlah seorang guru mengambil keputusan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
人生在世能活一百年的不多,時間很短促,要知道愛惜光陰,什麼最寶貴?光陰最寶貴。現在人也看重光陰,但是方向錯了,分秒必爭去爭錢、賺錢,去爭地位,都是名利。好學的人分秒必爭求學問,自利方便,求自利,方是方法,便是適宜,適當的方法,最好的方法是求學。「常欲廣說,志無疲等,正明利他」。論法無厭是利他,也就是說,自己學得的,喜歡跟別人分享。在古時候師道有尊嚴,要請法!所謂只聞來學,未聞往教。你親近善知識向他求教,他歡喜給你講;你要是說,我家環境比你好,你到我這裡來教我,他不來。為什麼不來?恭敬心不夠,誠敬不足,誠敬不足去了沒用處,你學不到。這個不是老師要擺架子,不是的,那你完全錯會意思。老師看學生,你能夠學多少,你能得多少,不在老師,在你的誠敬,一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益。沒有誠敬心,佛菩薩來教你都沒用處,你什麼都得不到。所以老師教人,是看學生的誠敬,看學生的稟賦他能學多少,我們今天講看學生的程度,老師從這兒決定的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486