Kita
mendalami ajaran sutra Aliran Sukhavati sudah 30 tahun lamanya, kurun waktu
yang begitu panjang, rintangan yang kita hadapi adalah masih belum sanggup
melepaskan kemelekatan. Kita dapat meyakini, dapat memahami, cuma kurangnya
adalah mengamalkan.
Pada
saat sekarang ini, dimana kehidupan manusia selalu dihantui ancaman bencana,
kita harus sanggup melepaskan kemelekatan. Saya selalu mengatakan bahwa di
hadapan kita cuma terpampang dua jalan saja, jika anda tidak melepaskan
kemelekatan maka jatuh ke Neraka Avici, setelah melepaskan kemelekatan barulah
dapat terlahir ke Alam Sukhavati, inilah dua jalan yang terpampang di hadapan
kita.
Apakah
anda berani bilang tidak pernah melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh
Kejahatan? Apakah anda telah berbakti pada Ayahbunda? Apakah anda menghormati
guru? Apakah anda telah meyakini Buddha? Apakah anda telah serius belajar
Ajaran Buddha? Jika dibandingkan dengan praktisi zaman dulu, maka bedanya itu
sangat jauh.
Melafal
Amituofo, membaca sutra, mengikuti ritual pertobatan, jika tidak disertai
ketulusan hati dan perasaan hormat, mana ada mukjizat-nya? Ketika ditanya,
mengapa anda memuja Buddha? Mengapa anda belajar Ajaran Buddha? Supaya bisa
naik pangkat dan kaya raya, supaya Buddha dan Bodhisattva melindungi
keselamatanku.
Buddha
sangat ber-Maitri Karuna, takkan menyalahkan dirimu, anda memohon pada Buddha
memberkatimu supaya jadi kaya raya, akankah terkabul? Tidak dapat, Buddha tidak
memiliki kemampuan untuk membuatmu jadi konglomerat.
Anda
memohon keselamatan pada Buddha, Buddha juga tidak punya kemampuan begini.
Dengan perkataan lain, apapun permohonanmu, satupun tidak bisa dikabulkan
Buddha, jika anda ingin segala keinginanmu terwujud, maka perbaiki dulu hatimu.
Jika
pikiran dan tindakanmu tidak benar, Buddha dan Bodhisattva juga tidak dapat
membantumu. Sebaliknya bila pikiran dan tindakanmu adalah benar, barulah Buddha
dan Bodhisattva dapat membantumu.
Maka
itu kapan doa-mu dapat terkabul, tergantung pada kapan anda meluruskan pikiran
dan tindakan diri sendiri, anda melatih diri sehingga memiliki jasa kebajikan,
barulah Buddha dapat membantumu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2011
Pancanantariya Karma dan Sepuluh
Kejahatan :
我們對於淨宗典籍的修學,有十幾年,二、三十年,有這麼長的時間,我們的障礙就是沒放下,能信、能解,就是行缺了。現在在這個時候,我們遇到大災難了,不放也不行。我常講現在只有兩條路,你不放那就是阿鼻地獄,你放下就到極樂世界去,擺在我們面前兩條路,沒有辦法選擇。你能說五逆十惡罪你沒造嗎?你孝順父母了嗎?你尊敬師長了嗎?你真正信佛了嗎?你真的學佛了嗎?跟古大德一比差遠了。念佛、誦經、拜懺,不具足真誠恭敬之心,怎麼會有感應?在佛門裡面無論幹什麼事情,沒有把我的利益放下,自私自利。你為什麼拜佛?為什麼學佛?為升官、為發財、為求佛菩薩保平安,幹這些事情。佛很慈悲不怪你,求佛保佑你發財,能不能發財?不能,佛沒這個能力;求佛保佑你平安,佛有沒有這個能力?也不能。換句話說,你在佛面前許的願想求的,一樣都得不到,這經上講得很清楚,你要求什麼東西,你自己那個心要改。你心行不正,佛菩薩幫不上忙;心行正,幫得上忙。所以佛幫得上忙的時候,還是你心行正,你自己修行有功德,佛能幫上忙。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六六集) 2011/4/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0366
Sekarang
dunia ini diliputi kekacauan, sepanjang perkembangan sejarah belum ada rekor
sedemikian rupa. Meskipun pada akhir masa Dinasti Qing kondisinya sangat kacau,
banyak terdapat “manusia munafik”, tetapi mereka masih memiliki secuil hati
nurani, melakukan kejahatan masih takut dikritik orang lain, makanya berupaya
menutupinya, mulutnya masih melontarkan ucapan bersusila.
Lain halnya
dengan zaman sekarang, orang-orang melakukan kejahatan secara terang-terangan
juga tidak merasa malu dikritik orang lain. Masyarakat sekarang ini sungguh
mengherankan, pelaku kejahatan malah disanjung, katanya hebat pula; sebaliknya
pelaku kebajikan malah diejek, katanya barang antik, ketinggalan zaman, kondisi
sekarang sudah berubah seperti ini, makanya mengapa bencana menyerang
bertubi-tubi.
Kita telah
bertemu dengan era separah ini, bagi praktisi Buddhis, hal ini bukanlah tidak
bagus, apa alasannya? Supaya kita dapat tercerahkan, kita jadi sadar mesti
serius melatih diri, lingkungan ini telah menekan kita supaya melatih diri
dengan kesungguhan hati.
Keyakinan
benar, tekad bulat, memfokuskan diri melafal berkesinambungan; keyakinan benar
dan tekad bulat adalah Bodhicitta. Satu arah, satu tujuan, hal lainnya mesti
dilepaskan, kita pasti meraih keberhasilan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2011
現在這個世界這麼亂,在歷史上從來沒有看到過。清朝末年雖然很亂,人家稱之為「偽君子」,但還有一點良心,幹壞事還怕人批評,還想盡方法來掩飾,口裡還是仁義道德。現在人幹壞事不怕人批評。現在這個社會奇怪,幹壞事的大家讚歎你有本事;做好事的反而譏笑你,這老古董、落伍了,現在變成這樣子,所以才有大劫難發生。我們遇到了,學佛的人遇到了,好事。為什麼?讓我們有高度的覺悟,省悟過來,不幹不行,一定要認真,環境逼著我們非幹不可。真信、切願,一向專念,真信切願就是發菩提心,一個方向、一個目標,其他的全都放下,我們就決定成功。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六六集) 2011/4/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0366
Kolam Mustika yang tersebar di seluruh Alam Sukhavati adalah tak terhingga dan tanpa batas, “Air Kebajikan” takkan habis diambil dan digunakan, serupa dengan mata air.
Tidak
seperti dengan Planet Bumi ini, para ilmuwan telah mengeluarkan peringatan,
kelak kita akan menghadapi ancaman krisis pangan, krisis air dan krisis sumber
daya alam, terlampau banyak krisis yang mengancam keberlangsungan hidup
manusia.
Di Alam
Sukhavati tidak pernah terdengar adanya istilah krisis, tempat yang sedemikian
bagusnya ini, dapat kita tuju. Buddha Amitabha dan seluruh penduduk Alam
Sukhavati pasti menyambutmu dengan penuh sukacita.
Sesampainya
di Alam Sukhavati, segala keperluan hidup kita terpenuhi dengan sendirinya,
tidak ada yang perlu kita risaukan lagi. Istana hunian dan paviliun merupakan
hasil jelmaan, mau model yang bagaimana, maka istana yang muncul akan sesuai
dengan keinginan hatimu, demikian pula ukuran besar kecilnya juga berubah
sesuai dengan keinginan, ingin taruh di daratan juga bisa, ingin taruh di
angkasa juga bisa, lihatlah betapa leluasanya.
Saat
bepergian atau bertamasya, istana hunian dapat dibawa serta, manusia di Planet
Bumi masih belum dapat mewujudkan hal ini, di Alam Sukhavati tidak ada yang
mustahil, segalanya terwujud sesuai keinginan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2011
Air Delapan Jasa Kebajikan :
「極樂之水,能令飲者增長種種殊勝善根,可見極樂不可思議。」這是把寶池裡面的德水,不可思議的殊勝功德介紹給我們。極樂世界寶池無量無邊,德水取之不盡,用之不竭,像泉水一樣。不像我們這個世界,我們這個世界科學家已經提出警告,我們將來會有糧食危機、水資源的危機、能源的危機,危機太多了。極樂世界沒聽說有什麼危機,這麼好的地方我們確實能去得了,不是不能去,真可以去得了。阿彌陀佛、西方世界的大眾,沒有一個不歡迎你去,為什麼不去?到西方極樂世界,我們身體生活的這些必需品,一樣都不要操心。居住的宮殿樓觀前面學過了,全是變化,想什麼樣的宮殿,它就現什麼樣的宮殿,想大就大,想小就小,想在空中也行,想在地面也行,你看多自在。旅行的時候宮殿隨身,我們這個世間人做不到,西方世界樣樣現成。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六六集) 2011/4/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0366