Tuesday, October 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011 (Bgn 8)

 

“Memiliki rupa yang bagus”. Wajah adalah cerminan hati, kerahkan segenap upaya guna melatih diri, hati kian bajik, wajah pun berubah kian rupawan.

 

Setelah memahami kebenaran ini, jangan lagi pergi melakukan operasi plastik, ini namanya mempertaruhkan nyawa sendiri, merusak apa yang alami.

 

Ketika saya berada di Australia, ada seorang relawan, usianya baru sekitar 40-an, saya selalu melihatnya kesakitan, saya bertanya apa yang telah terjadi pada dirinya.

 

Dia bilang saat usianya masih muda, oleh karena terobsesi pada kecantikan akhirnya dia pergi melakukan operasi plastik, 20 tahun kemudian penyakit pun menyerangnya.

 

Saya bilang kamu menerima hasil perbuatanmu sendiri, Ayahbunda-mu melahirkan dirimu, memberikan wajah yang alami buat dirimu, jika kamu berniat mempercantik diri, hendaknya melatih moralitas.

 

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam Sutra, “Rupa berubah menuruti perubahan hati”, lihatlah ketika seseorang sedang bersukacita, wajahnya akan ceria dan enak dipandang, sebaliknya ketika dilanda kerisauan, wajahnya akan jadi tidak sedap dipandang, bukankah wajah itu selalu berubah?

 

Jika senantiasa membangkitkan hati sukacita, maka wajah anda kian lama kian bagus, hati yang suci, hati yang setara, hati yang bersukacita, niat pikiran yang timbul terjalin dengan kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, begini sudah boleh.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011

 

『相好』,「三十二相、八十隨形好」。確實相隨心轉,你盡量去修心,心地善良,相貌會變得很好。懂得這個道理,就別去搞美容,美容是要命的,是破壞你自然現象。我在澳洲,有一個義工,年歲不大,大概四十多歲,我常常看到她非常痛苦,我說:妳怎麼搞的,有什麼毛病?她年輕的時候愛美去美容,二十年的時候毛病都發作。我說:妳自作自受,父母生下妳那個面孔是天然的,妳要想改變它妳修德。佛在經上常講「相隨心轉」,我們講隨心轉,妳看歡喜的時候,妳的面孔很好看,妳煩惱的時候,妳那個面孔就很難看,這不就是常常有變化嗎?一個道理。如果是常生歡喜心,妳的面孔愈來愈好看,心地清淨、心地平等、心地喜悅,起心動念與仁義禮智信相應,就行了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九二集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0492

 

 

 

 

Pendidikan warisan leluhur Tiongkok merupakan pendidikan kasih, di dalam kasih ini terdapat etika moral. Maka itu dari pendidikan ini, di dalam hubungan antar insani, dapat hidup berdampingan secara harmonis, barulah muncul lima kebajikan yakni kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.

 

Lima kebajikan ini merupakan prinsip yang takkan berubah selama-lamanya, jadi tak peduli itu merupakan periode dunia yang damai maupun kacau, lima prinsip ini juga tidak boleh diubah. Di mana saja dan kapan saja juga mesti ditaati.

 

Insan yang welas asih mengasihi seluruh manusia, “Apa yang tidak disukai diri sendiri, janganlah diberikan pada orang lain”, ini adalah welas asih. Kebenaran adalah yang beraturan, segala niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan selaras dengan aturan.

 

Kesusilaan adalah tata susila, ini sangat penting, tidak boleh diabaikan, terutama sesama kerabat, zaman dulu hubungan suami istri masih berlandaskan pada kesusilaan, demikian pula hubungan Ayah dan anak, hubungan antar saudara, memiliki kesusilaan.

 

Jadi janganlah menganggap tiap hari berada di rumah, jadi buat apa menaati tata susila? Justru tata susila memegang peranan yang sangat penting, dampaknya sangat besar, dengan adanya tata susila, barulah rumah tangga jadi teratur.

 

Jika tata susila diabaikan, maka bentuk-bentuk pikiran pun bermunculan, lama kelamaan ayah tidak mirip ayah lagi, anak tidak mirip anak lagi, keluarga berantakan dan bercerai berai.

 

Tata susila dapat melindungi kesehatan fisik dan mental diri sendiri, kemudian melindungi keluarga-mu, melindungi tetangga dan masyarakat serta negara dan dunia, manfaat tata susila adalah sedemikian besarnya!  

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011

 

中國傳統教育是愛的教育,這個愛裡頭有德行。所以從這個教育裡頭,這個關係當中,如何能把所有的關係處理得非常和諧、非常融洽,這才提出五常,就是仁義禮智信。常是什麼?永遠不能改變。不管在什麼時候,太平盛世或者是世間危亂,都不能改變。一切時、一切處,守定了。仁者愛人,「己所不欲,勿施於人」,這是仁。義是合理,起心動念、言語造作,如理、如法、合情,面面都顧到,合情、合理、合法。禮是禮節,重要,決定不能夠荒廢掉,特別是親人之間,古時候夫妻有禮,父子兄弟都有禮節。不能說天天在家裡,何必搞這一套?這一套關係很大,有這一套,你家裡頭整齊。如果廢掉之後,就會有妄念起來,慢慢到最後變成父不父、子不子,那是家破人亡。禮可以維護自己一個人的身心健康,再維護你的家庭,維護你的鄰里鄉黨,維護社會、維護國家、維護世界,禮之用大矣哉!太大了,怎麼能不講究?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九二集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0492

 

 

 


Sejak zaman dulu Kaisar Han Wudi mengadopsi ajaran Konfusius guna menata negara, mendidik rakyat negerinya, hingga masa pemerintahan Dinasti Qing, sudah berapa kali berganti Dinasti dan era kepemimpinan, namun konsep ini tidak pernah berubah, semuanya masih menggunakan tata susila guna menata pemerintahan.

 

Bagi orang Tiongkok, tata susila merupakan prinsip kebenaran, bila sudah diabaikan maka masyarakat pun dilanda kekacauan, hari ini dunia diliputi kekacauan, apa sebabnya? Tata susila telah diabaikan.

 

Dia tidak bersedia menaatinya, namun saya wajib mematuhi kesusilaan; dia dilanda kekacauan, namun di pihakku senantiasa sejahtera. Dia dilanda kekacauan, hari-harinya dilalui dengan sangat merana; sedangkan diriku menaati tata susila, hari-hariku dilalui dengan penuh sukacita.

 

Lihatlah di studio ceramah ini, saya menggantung foto Ayahbunda dan guru-guruku, guna menggalakkan ajaran bakti pada Ayahbunda, menghormati guru dan menjunjung ajaran, inilah tujuannya.

 

Setiap kali kami melakukan penghormatan pada mereka, tidak melupakan budi Ayahbunda dan guru, ketika masyarakat senantiasa mengingat jasa-jasa para pendahulunya, hati mereka pasti akan mengembangkan moralitas.

 

Bagaimana kesetiaan dan ketulusan dapat dikembangkan? Yakni dengan cara sedemikian rupa, insan yang setia dan tulus memiliki berkah. Jangan takut dirugikan, insan yang dapat menerima kerugian pasti memiliki pahala.

 

Dengan perkataan lain, orang yang mengambil keuntungan secara curang itu tidak punya balasan yang baik, di dalam benaknya cuma memikirkan bagaimana menguntungkan diri sendiri, maka urusan belakangan pasti merepotkan, hal ini mesti dipahami, Hukum Sebab Akibat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011

 

  中國從漢武帝採取儒家的學說來治國,來教育全國的國民,一直到滿清,改朝換代多少次,但是這個理念沒改變,統統是以禮治天下。在中國人講這是真理,禮要是不講,社會就亂了,今天世界是動亂的世界,沒有一樣不亂,什麼原因?禮沒有了。他沒有了,我要有;他亂,我不亂。他亂,生活日子過得很苦;我守住,我日子過得很快樂。我們今天把父母、老師照片都供在講堂,這什麼意思?提倡孝順父母,尊師重道,用意在此地。我們每堂課都要向老師鞠躬,都要向父母問候,念念不忘,民德歸厚。忠厚老成怎麼培養出來?就是這樣培養出來,忠厚老成人有福。吃虧不要緊,老祖宗告訴我們「吃虧是福」,能夠吃虧的這個人一定有福報,有後福。換句話說,佔便宜的人沒有好報,處處想佔便宜,後頭有麻煩,這個要懂得,因果的道理。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九二集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0492

 

 

 

 

Setiap orang berharap memiliki wajah yang rupawan, penampilan sehat dan penuh semangat, ini merupakan cerminan dari dalam batin, seperti yang dikatakan bahwa wajah adalah cerminan hati.

 

“Sukacita”, “Di dalam batin merasakan kebebasan, dicerminkan keluar dengan penampilan sukacita”. Anda merupakan insan terpelajar, memiliki etika moral, hati welas asih, suka mengulurkan tangan membantu orang lain dengan upaya kausalya, segala upayamu berjalan dengan lancar.

 

Dengan demikian meskipun telah berusia lanjut, namun fisik tetap sehat dan tidak menua dan melemah! Tidak butuh segala macam bentuk perawatan kesehatan, hanya perlu mensucikan hati dan pikiran, berbudi luhur, maka anda mampu mewujudkannya.

 

Segala macam bentuk perawatan kesehatan, terus terang saja, ada efek sampingnya. Menuruti warisan leluhur Tiongkok adalah sangat bagus, Leluhur Tionghoa mewariskan resep-resep pendidikan kesusilaan ini adalah minim efek samping.

 

Zaman kini banyak produk makanan bernutrisi yang tidak boleh digunakan, kami sendiri tidak berani mengonsumsi-nya, tubuh yang semula sehat mengonsumsi barang begini terus menerus, lama kelamaan bisa muncul penyakit, insan zaman dulu berkata “Penyakit berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut, petaka berasal dari ucapan yang keluar dari mulut”, lebih baik kurangi berinteraksi dengan barang beginian.

 

Yang paling penting adalah memelihara hati dan pikiran, hati harus bajik, pikiran mesti suci.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011

 

  相好,三十二相、八十隨形好,所以相好我們都喜歡要。「赫奕」是光明殊勝的意思。我們每個人都希望容光煥發,這個都是內心修養表現於外面,所謂存諸心而形於外,是這麼個道理。『歡喜』,「內心自在,形容和悅」,「形」是身體,「容」是容貌,「和悅」是歡喜、和愛。『雄猛無畏』,「表菩薩之實德,勇猛精進,說法無畏」,真的你有學問、有德行,又有愛心願意幫助別人,幫助別人有善巧方便,你的事情做得很圓滿。「復顯儀容,威神無比,大雄不怯。至於相好,則專指身色」。我們身體健康,雖然年老,不衰!不需要保養,只需要心地清淨、善良,你就能做到。所有一切保養,說老實話都有副作用。依照中國傳統那很好,中國老祖宗留下來這些方法很少有副作用。現代這些補品不可靠,我們碰都不敢碰,健康身體靠這些東西你就吃出病出來,古人講「病從口入,禍從口出」,少接觸好。最重要的養心,心要善良、心要清淨。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九二集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0492