Di dalam sutra Buddha diuraikan dengan sangat jelas, orang awam tidak boleh melihat atau membaca butiran sila yang dijalankan Bhiksu-Bhiksuni. Mengapa demikian?
Bukanlah karena rahasia, juga bukan takut diketahui orang lain, tetapi takutnya membuat anda menciptakan karma buruk. Jika anda tidak membacanya, anda masih tahu menghormati anggota Sangha, sikap hormat juga merupakan jasa kebajikan, anda telah menanam berkah.
Tetapi setelah anda membacanya, anda mulai melakukan penilaian, ini salah dan itu salah, anda mulai melontarkan kritikan, hati hormat yang semula anda miliki, kini mulai hilang, dengan demikian anda telah menciptakan karma buruk, ketika anda mulai memburukkan citra seseorang, anda telah menciptakan Vaci-kamma (karma buruk yang dilakukan melalui ucapan), kelak harus menerima buah akibatnya, atas dasar inilah makanya Sang Buddha tidak memperbolehkan orang awam melihat atau membacanya.
Terkecuali anda telah membaca keseluruhan isi Tripitaka, maka anda boleh membaca sila KeBhiksuan. Mengapa demikian? Oleh karena anda sudah berpengertian, ketika melihat ada Bhiksu atau Bhiksuni yang tindakannya tidak selaras dengan Dharma, anda takkan melontarkan kritikan, anda tetap sangat menghormatinya, menimbun pahala diri sendiri, inilah alasannya.
Jadi bukanlah karena ada rahasia dibaliknya, di dalam Buddha Dharma pastinya takkan ada rahasia. Lantas mengapa ajaran Tantra disebut sebagai ajaran rahasia (esoteris)? Oleh karena teori dalam ajaran Tantra sangat mendalam, bukan dapat dipahami oleh semua orang, jadi bukan karena ada rahasia di dalamnya.
Buddha Dharma terbuka dan bersifat umum, tidak mengandung rahasia apapun!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
佛經上講得很清楚,沒有受比丘戒,比丘戒不可以看,比丘戒、比丘尼戒,不是比丘、比丘尼不能看他的戒本。為什麼?不是祕密,不是不能見人,是怕你造罪業。你沒有看,你對比丘、比丘尼很尊重,尊重是功德,你種福,你看了之後,你覺得他這裡也做得不對,那也做得不對,你就批評他,你對他的尊重心失掉了,那你就造口業了,你造口業的時候是你在造業,你將來受果報,佛是為這個原因不准你看。但是有一個例子可以看,你看全部《大藏經》就能看。為什麼?你了解,你看比丘、比丘尼不如法,你不會說他,你還是非常恭敬,修你的福報,是這個原因。不是有什麼祕密,佛法裡決定沒有祕密。密宗也不是祕密,那是什麼?深密,理太深,不是一般人能懂。所以它是深密,不是祕密。佛法大公無私,哪有祕密!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488
Ada praktisi yang belum mengambil Visudhi Trisarana tetapi dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal Buddha Amitabha datang menjemputnya.
Menurutmu apakah dia ada melatih sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan)? Ketiga-tiganya telah sempurna pada dirinya. Kita harus memahami kebenaran ini, yakni Buddha Dharma menekankan pada spiritual dan bukan pada ritual.
Dia belum pernah mengikuti Upacara Visudhi Trisarana dan Upacara Pengambilan Lima Sila, tetapi dia tekun mendengar ceramah yang bertopik “Sutra Usia Tanpa Batas” atau yang berjudul “Amitabha Sutra”, hingga memahaminya, kemudian membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.
Apa yang dimaksud Bodhicitta? Bodhicitta maksudnya adalah di hati hanya boleh ditaruh lafalan Amituofo saja, selain Amituofo, apapun takkan ada, inilah yang disebut sebagai Bodhicitta agung, Bodhicitta nan sempurna.
Anda membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, bukankah tujuannya adalah demi mendekatkan diri pada Buddha Amitabha?
Kini Buddha Amitabha ada di dalam hatimu. Hatimu dan Buddha Amitabha telah menjadi satu kesatuan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
確實有念佛的念佛人,連三皈依都沒有受過,他念佛往生了,臨終的時候佛來接引。你說他有沒有戒定慧?統統具足了。所以我們一定要明白這個道理,這就是佛法重實質不重形式。沒受三皈五戒,你把《無量壽經》、《彌陀經》聽懂了,真正發菩提心,一向專念。菩提心是什麼?菩提心就是阿彌陀佛,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,那叫大菩提心,圓滿的菩提心。你發菩提心,一向專念,還不就是為了要親近阿彌陀佛嗎?現在阿彌陀佛在你心裡,你的心跟阿彌陀佛已經變成一體。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488
Kini Buddha Amitabha ada di dalam hatimu. Hatimu dan Buddha Amitabha telah menjadi satu kesatuan. Seperti yang dikatakan oleh Master Zhong Feng sebagai : “Hatiku adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah hatiku; di sini adalah Tanah Suci, Tanah Suci ada di sini”.
Jika anda dapat mewujudkan kalimat di atas, maka anda memiliki jasa kebajikan yang sesungguhnya. Bukan saja dirimu sendiri kelak dapat terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, bahkan sekarang anda masih berdiam di tempat ini, maka kawasan ini akan bebas bencana.
Mengapa takkan dilanda bencana? Hati suci maka alam pun suci. Anda tinggal di kawasan ini dan melatih kesucian hati, lingkungan-mu jadi suci, warga sekitar ikut menikmati berkah ini, meskipun hati mereka tidak suci, namun hatimu suci, mereka ikut menikmati berkahmu.
Inilah yang dikatakan orang Tiongkok zaman dulu sebagai “Satu orang memiliki berkah, satu keluarga ikut menikmatinya”, ikut menikmati pahalanya, ikut menikmati kesuksesannya!
Di dalam Jie Jing (Sutra Sila) dikatakan bahwa jika di Planet Bumi ini bisa muncul sebuah organisasi Sangha maka seluruh isi Planet Bumi akan ikut menikmati berkah ini.
Bagaimanakah ciri-ciri organisasi Sangha yang dimaksud tersebut? Yakni yang mewujudkan enam prinsip keharmonisan. Berapa orang dalam satu kelompok? Empat orang.
Jika ada empat orang yang melatih diri bersama-sama dan mewujudkan enam prinsip keharmonisan, tak peduli empat orang ini adalah praktisi awam maupun non awam, maka jasa kebajikan ini dapat menyelamatkan seluruh dunia, yakni telah menyelamatkan Planet Bumi ini.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
現在阿彌陀佛在你心裡,你的心跟阿彌陀佛已經變成一體。像中峰禪師在《繫念法事》裡所說的,「我心即是阿彌陀佛,阿彌陀佛即是我心;此方即是淨土,淨土即是此方」。你能把這兩句話真做到,真兌現了,那你有真實功德。不但你自己將來決定往生作佛,你現在住在這個地方,這個地方沒有災難。為什麼沒災難?心淨則佛土淨。你一個人住在這裡心清淨,你的佛土清淨,別人住在這裡他沾光了,別人心不清淨,你清淨,沾光了。這就是我們中國古人說,「一個人有福,連帶一屋」,享他的福報,沾他的光!戒經裡面告訴我們,這個地球上出現一個僧團,整個地球都沾光。這個僧團什麼?六和僧團。幾個人?四個人。四個人真正修六和敬,這四個人不管是在家、出家,僧團不一定是出家人,在家學佛四個也一樣,四個人,那個功德就救全世界,就救了地球。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488