Kolam
pribadi yang digunakan oleh setiap penduduk Alam Sukhavati, terbentuk secara
alami dari tujuh jenis batu permata, ini menunjukkan bahwa tidak dibutuhkan
proses pembangunan, juga tidak perlu material bangunan, anda tinggal pikirkan
saja, maka dia muncul dengan sendirinya, bahkan secara keseluruhan terbentuk
dari tujuh mustika.
Angka
tujuh melambangkan kesempurnaan, apa yang anda inginkan maka segala sesuatu
akan muncul sesuai dengan keinginanmu, inilah yang sering diucapkan Buddha
sebagai “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”, setibanya di Alam
Sukhavati segalanya jadi kenyataan.
Menuruti
apa yang diinginkan diri sendiri, dan bukannya menuruti apa keinginan orang
lain. Segala sesuatu muncul sesuai dengan keinginan, masih adakah hati loba?
Takkan ada lagi keserakahan, demikian pula dengan kebencian, juga takkan ada
lagi.
Di
dunia ini anda memiliki banyak keinginan yang tak tercapai, akibatnya anda jadi
murka, lain halnya di Alam Sukhavati, segala keinginan jadi terpenuhi, maka itu
anda tidak memiliki kesempatan untuk mengumbar angkara murka.
Di
Alam Sukhavati, tak peduli anda melihat warna, melihat cahaya, atau mencium
keharuman, semuanya menumbuhkan akar kebajikanmu, semuanya mengembangkan
kebijaksanaanmu, anda takkan diliputi kedunguan lagi.
Maka
itu setibanya di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha tidak perlu mengurusi
keserakahan, kebencian dan kedunguanmu, namun akan lenyap dengan sendirinya,
sehingga sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan) akan muncul
pula dengan sendirinya.
Karena
itu takkan ada lagi Vihara pelatihan diri yang sebagus Alam Sukhavati. Selama
ini kita punya niat melatih diri tetapi tidak menemukan tempat yang ideal, makanya
ketamakan, kebencian, kedunguan tidak dapat terputus, kekotoran batin dan
tabiat tetap saja tidak bisa dihapus.
Sesampainya
di Alam Sukhavati, tidak ada orang yang perlu mengurusimu, segala kekotoran
batin dan tabiat pun hilang dengan sendirinya. Sila, samadhi dan prajna dengan
sendirinya tumbuh dan berkembang, enam akar indria (mata, telinga, hidung,
lidah, tubuh, pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara,
wangi-wangian, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), semuanya membantumu
mengembangkan kebijaksanaan, menumbuhkan akar kebajikan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2011
「右顯池中莊嚴之相。池飾七寶者,《吳譯》曰:皆復有自然流泉浴池,皆與自然七寶俱生。」經文意思很明顯,池裡面的流水,《吳譯》特別有浴池,就像我們現在講的游泳池一樣,是你自己用的。皆與自然七寶俱生,這就是說明,不需要設計,不需要建造,也不需要建築材料,你只想要,它就現前,這個浴池就現前,而且全都是珍寶。七是代表圓滿,你想要什麼它就現什麼,一切隨心所欲,就是佛常講的「一切法從心想生」,到極樂世界這就完全兌現。隨自己的心想,不是隨別人的。你想,一切法隨心想生了,還有什麼貪心?貪心沒有了,瞋恚沒有了。貪不到才發脾氣,瞋恚,他一想就有了,發脾氣的機會沒有了。在那個世界,無論是見色、見光,或者聞香,統統長善根,統統生智慧,你就不會愚痴了。所以到極樂世界,貪瞋痴阿彌陀佛不管,你自己會斷掉,自然就斷掉,戒定慧自然就現前,所以修行道場再沒有比極樂世界這樣的圓滿。我們修行真的是好心,找不到一個理想的道場,所以貪瞋痴斷不了,煩惱習氣改不過來。你到極樂世界去,沒人管你,自然就沒有,煩惱習氣統統沒有了。戒定慧也是自然在增長,六根接觸外面的境界統統長智慧,統統生善根。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六六集) 2011/4/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0366
Bodhicitta
adalah hati yang tulus.
Sekitar
20 sekian tahun yang silam, ketika saya berada di Amerika Serikat, pernah
menjelaskan tentang makna dari Bodhicitta, saat itu saya sedang memberi ceramah
bertopik “Sutra Usia Tanpa Batas”.
Bodhicitta
adalah hati yang tulus. Kita harus menggunakan hati yang tulus dalam berinteraksi
dengan orang lain, jangan takut dikelabui. Orang lain berpura-pura padaku,
namun saya tetap tulus padanya, mengapa demikian? Oleh karena saya bertekad
terlahir ke Alam Sukhavati.
Orang
lain bersikap pura-pura padaku, saya tulus padanya, saya menuju ke Alam
Sukhavati, sementara si munafik akan meneruskan berputar di dalam lingkaran
enam alam tumimbal lahir.
Jangan
takut dikelabui orang, jangan takut menderita kerugian, jangan takut
dijebaknya, saya tetap bersikap tulus terhadap setiap insan. Ketulusan hati
dapat membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Manfaat
bagi diri sendiri adalah suci, setara dan tercerahkan; manfaat bagi orang lain
adalah Maha Maitri Maha Karuna. Maka itu saya mendefiniskan Bodhicitta sebagai “Tulus,
suci, setara, tercerahkan, Maitri Karuna”.
Kita
harus dapat menerapkan hati sedemikian rupa dalam kehidupan keseharian. Kalau hanya
saat melakukan kebaktian rutin, anda membangkitkan ketulusan, maka ini belumlah
cukup, keluar dari ruang kebaktian, anda tetap saja berpura-pura pada orang
lain, maka anda sudah keliru!
Kebaktian
yang anda lakukan itu takkan efektif, bukan saja tidak efektif, coba pikirkan,
bukankah anda sedang membohongi Buddha? Kebaktian pagi menipu satu kali,
kebaktian sore menipu satu kali lagi, sehari menipu dua kali, jadi bisa
dibayangkan alangkah berat dosamu ini!
Maka
itu Bodhicitta mesti diterapkan dalam kehidupan keseharian.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2011
菩提心是真心。
我這十幾年來,差不多也有二十多年,在美國的時候提出來的,跟大家講菩提心,我就用《無量壽經》的經題。菩提心的體,「真誠」,真誠心是菩提心的體。我們要用真心、要用誠意處事待人接物,不要怕別人欺騙我。別人用虛情假意對我,我用真誠心對他,為什麼?我要到極樂世界去。別人用虛情假意對我,我也用這個來應付他,我們極樂世界就去不了。用虛情假意怎麼?還是搞六道輪迴,不幹了,不能幹這個事情。不要怕人騙我,不要怕吃虧,不要怕上當,什麼都不怕,就是用真心待人,真誠心待人。真誠心對自己這是自受用,對別人是他受用,菩提心有體有用。對自己,清淨平等覺對自己,這個在經典裡面叫深心,深心是對自己的,清淨平等覺;對別人大慈大悲。所以我用的是「真誠、清淨、平等、正覺、慈悲」,這就是菩提心。我們在日常生活當中起心動念是不是這個心?是這個心,你就真正住在菩提心上,你真發了。課誦裡面念的不算數,課做完了就忘掉,還是虛偽心對人,那你就錯了!這個課誦沒效。不但沒有效,你好好想一想,是不是在騙佛?早課騙他一次,晚課又騙他一次,你就想你的罪業多重!你怎麼可以騙佛?佛不在面前,供的一個牌位,供的一個佛像,你都欺騙他,你的心太不善了。所以一定要把菩提心落實在生活上。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六六集) 2011/4/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0366