Tuesday, September 22, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011 (Bgn 3)

 


Tiga butir tekad terakhir dari “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra” merupakan pelimpahan jasa, jadi jumlah tekad yang sesungguhnya adalah tujuh butir, tiga butir terakhir berupa pelimpahan jasa, apa yang dilimpahkan? Tekad hati diri sendiri, melimpahkan jasa pada KeBodhian.

 

Saya melimpahkan jasa kebajikan dari ketekunan belajar selama ini, apa yang saya harapkan? Saya berharap memperoleh kebijaksanaan, KeBodhian adalah kebijaksanaan; jadi bukanlah mengharapkan naik pangkat dan kaya raya, hanya mengharapkan terbukanya kebijaksanaan.

 

Yang kedua adalah melimpahkan jasa kebajikan ini kepada semua makhluk, mendoakan agar setiap insan dapat melewati kehidupan yang bahagia indah sempurna, semuanya berjodoh mendengar ajaran insan suci dan bijak.

 

Yang terakhir adalah melimpahkan jasa kebajikan kepada jiwa sejati yang maha sempurna, menemukan kembali jiwa sejati.

 

Sejak ceramah bertopik Sutra Usia Tanpa Batas dimulai, kami senantiasa melimpahkan jasa kebajikan kepada semua makhluk yang menderita di atas permukaan Bumi ini, termasuk gunung, sungai dan lingkungan alam, lihatlah setiap usai berceramah, saya selalu melakukan pelimpahan jasa.

 

Berharap semoga semua orang berkesempatan mendengar ceramah Dharma, dapat tercerahkan dan kembali ke jalan yang benar, takkan menciptakan karma buruk lagi. Sejak hari ini dan selanjutnya menghapus kejahatan menimbun kebajikan, menjauhi kesesatan berlindung kepada kebenaran, menumpukan hati kita berdiam dalam tata susila, etika moral, dan Hukum Sebab Akibat, pada akhirnya menumpukan perhatian kita di dalam lafalan Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

“Bodhisattva Samantabhadra dengan Sepuluh Raja TekadNya menuntun para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati”, karena itu tidak ada lagi metode yang lebih cepat dan lebih sempurna daripada metode pelafalan Amituofo.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

十願後面三個是迴向,真正的願就是七條,前面七個,後面三個迴向,迴向什麼?自己的願心,迴向菩提。這就是我的努力修學我為什麼?我希望得到什麼?得到智慧,菩提是智慧;不為升官,不為發財,只求開智慧。第二個迴向迴向眾生,希望眾生每一個人都能過到幸福美滿的生活,都能夠有緣分聞到聖賢的教誨。這對眾生。最後一個迴向是迴向實際,這是哲學裡面講的本體,一切歸功於自性,性德的大圓滿,回歸自性。最後迴向就是迴向自性,迴向實際,實際就是自性。可見它不為別的。我們今天這一部經開講以來,我們的迴向是迴向地球上所有一切苦難眾生,包括山河大地,你看我每次講經完了之後,在講台上做迴向。希望大家都能夠聽經聞法,都能夠開悟,都能夠回頭,不再造惡業。從今之後斷惡修善,改邪歸正,將我們自己的心住在倫理、道德、因果,最後將我們住在阿彌陀佛,嚮往著西方極樂世界。十大願王導歸極樂,你看「以最極圓頓之法」,這句話說得好,再沒有比這個圓滿,頓是快速,圓滿、快速達到極處的這個方法,就是念佛求生淨土。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八九集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0489

 

 

 

 

Praktisi pelafal Amituofo sejati hendaknya mengingat bahwa setiap hari di hatiku lebih banyak melafal Amituofo atau bentuk-bentuk pikiran yang lebih banyak? Apabila bentuk-bentuk pikiran melampaui lafalan Amituofo, maka anda harus bermawas diri, ini bukanlah kabar baik. Sebaliknya jika hari ini di hatiku lebih banyak lafalan Amituofo, sedangkan bentuk-bentuk pikiran lebih sedikit, maka ini merupakan kabar baik.

 

Apakah anda dapat memastikan bahwa pada satu masa kehidupan ini pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati atau tidak, saat menjelang ajal tidak perlu mengandalkan orang lain datang membantumu melafal Amituofo, saat menjelang ajal pikiranku masih jernih, tidak jatuh sakit, melangkah pergi dengan elegannya, terlahir ke Alam Sukhavati baik dengan posisi berdiri atau duduk bersila, keterampilan bagaimanakah ini?

 

Terus terang saja, seperti kataku yakni dalam waktu keseharian lafalan Amituofo lebih banyak daripada bentuk-bentuk pikiran. Asalkan lafalan Amituofo dapat melampaui bentuk-bentuk pikiran, maka anda sudah berhasil. Tidak sulit diwujudkan!

 

Sepanjang hayat kami telah melihat begitu banyak contoh kasus, yang merupakan perumpamaan yang bagus, teladan yang baik, anda menyaksikannya langsung dengan mata kepala sendiri.

 

Bolehkah anda tidak memercayainya? Guo Lou-jiang yang merupakan murid Master Dixian, lihatlah Guo Lou-jiang, melafal Amituofo selama tiga tahun lalu terlahir ke Alam Sukhavati dengan posisi berdiri, bahkan setelah meninggal dunia masih mampu berdiri di sana selama tiga hari, menunggu gurunya datang mengurus upacara perkabungannya. setelah meninggal dunia masih mampu berdiri di sana selama tiga hari!

 

Praktisi yang berdomisili di Hong Kong umumnya mengetahuinya, tempo dulu murid Master Dixian yakni Master Tanxu sering menceritakan kejadian ini, Master Changhuai merupakan murid dari Master Tanxu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

真念佛人一定要記住,我每天心裡是佛號多還是雜念多?如果我的妄想雜念超過佛號,你就得拉警報,這不是好信息;我今天這一天我心裡佛號多、妄念少,好信息。你能不能在這一生當中決定往生,不靠人助念,我往生的時候清清楚楚,不害病,站著走,坐著走,什麼功夫?說穿了,就是我這句話,你這一天當中是佛號多、是妄念多?佛號勝過妄念你就做到了。不難做!我們這一生當中看到好多個,那都是好例子、好榜樣,你親自看到,你能不相信嗎?諦閑老和尚鍋漏匠那個徒弟,你看看念佛三年站著往生,往生之後還站了三天,等老和尚替他辦後事。死了站三天!香港同修大家都知道,這是以前諦閑老和尚的學生倓虛常常講的,暢懷法師是倓虛的學生。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八九集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0489