Konfusius berkata “Menghormati setan dan malaikat, tetapi harus menjauhinya”, makna perkataan ini sungguh mendalam, “Tetapi harus menjauhinya” artinya anda jangan mendekati dan belajar darinya, cuma harus dihormati. Konfusius bilang menghormati setan dan malaikat, berarti setan dan malaikat itu benar-benar ada, tetapi janganlah belajar padanya.
Sementara itu orang zaman sekarang adalah menghancurkan kelenteng, jadi jauh berbeda dengan sikap insan zaman dulu. Zaman dulu, banyak legenda tentang setan dan malaikat, contohnya Ji Xiao-lan, penulis dengan segudang ilmu, dia menulis sebuah buku berjudul “Yue wei caotang biji” atau “Catatan Mengamati Pondok Jerami”, yang khusus mencatat kisah tentang setan dan malaikat.
Buku ini sangat tebal, dia bukan asal mengarang saja, tetapi memang ada tercantum di dalam naskah-naskah kuno, dia hanya mengumpulkan dan menjadikannya satu buku saja.
Ditambah pengalamannya secara langsung, apa yang pernah dilihatnya, didengarnya, yang pasti bukanlah rumor, dia mencatatnya, jadi bukan palsu.
Sayangnya kita menganggap buku ini adalah buku novel, cuma buat sekedar hiburan saja. “Kisah Aneh Liaozhai” karya Pu Songling, juga bukan asal karang saja, saya percaya itu adalah kisah nyata.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
天地鬼神他是不是真有?我們應當去研究,應當去了解、去認識他,不能人云亦云。我們從小接受學校教育,學校教我們破除迷信,我們都把這個看成是迷信。孔夫子「敬鬼神而遠之」,他說這句話意思很深,「而遠之」的意思就是你不要迷信他,要不要尊敬?要。他敬鬼神,那就肯定有鬼神,但是不要迷信他。鬼神說的合理合法,可以做參考;說得不合理、不合法,你就不要相信他。孔子對鬼神是這麼個態度。現在人要把鬼神鏟除,要把他銷毀,跟古人的態度不一樣。佛跟道,其實儒也不例外,對這個事情有研究。自古以來,傳說鬼神這些故事很多很多,前清編《四庫全書》的紀曉嵐,博學多聞,他寫了一部書《閱微草堂筆記》,專門記載這些鬼神的事情。這部書分量很大,他不是虛構的,古籍裡頭有的,他把它抄在一起。還有當時親眼所見、親耳所聞,絕對不是造謠生事,都記錄下來,不是假的。我們看這些書都把它當小說看,消遣。《聊齋誌異》,那不是編造的,我相信都是真實的故事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二一集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0421
Yang harus kita lakukan sekarang adalah meredakan bentuk-bentuk pikiran kita, bagaimana caranya? Melafal Amituofo. Tiap hari melafal Amituofo, melafal Amituofo adalah meredakan bentuk-bentuk pikiran, bentuk-bentuk pikiran adalah karma buruk, meredakan bentuk-bentuk pikiran adalah mengeliminasi karma buruk.
Setelah memahami kebenaran ini, barulah anda akan melakukannya dengan serius. Kita mengetahui niat pikiran kita tidaklah baik, terhadap orang lain, terhadap segala urusan, atau terhadap makhluk hidup dan benda mati, kita hanya mengutamakan kepentingan sendiri dan keuntungan pribadi, segalanya ditujukan untuk merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri.
Semua niat pikiran dan tindakan begini akibatnya adalah jatuh ke tiga alam rendah, balasan yang akan diterimanya adalah siksaan di tiga alam penderitaan, sungguh menyengsarakan, jangan lagi melakukannya.
Maka itu harus menjadikan lafalan Amituofo sebagai “Memelihara kebiasaan menjadi sifat”, menggantikan bentuk-bentuk pikiran menjadi lafalan Amituofo, sehingga melafal Amituofo menjadi sebuah tabiat, setiap saat niat pikiran yang timbul adalah melafal Amituofo, memeliharanya jadi sebuah kebiasaan. Selain lafalan Amituofo, tidak ada bentuk pikiran lainnya, anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Patut diketahui, bentuk pikiran apapun adalah karma tumimbal lahir, apalah artinya! Hendaknya mengganti bentuk-bentuk pikiran menjadi lafalan Amituofo, dengan demikian saat menjelang ajal, baik satu lafalan hingga sepuluh lafalan, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Giat melafal Amituofo, mengeliminasi rintangan karma diri sendiri. Melafal Amituofo adalah mengeliminasi rintangan karma, tidak melafal Amituofo adalah menambah rintangan karma, kebenaran ini, fakta ini, tidak boleh tidak dipahami.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
我們現在就要幹,要克服我們的妄念。用什麼方法克服?用念佛,天天念佛,念佛就是克服妄念,妄念就是罪業,克服妄念就是消罪業。這道理明白了,你就會真幹了。我們知道我們念頭不善,對人、對事或對物都是自私自利、都是損人利己。這些念頭、這些行為都是在三惡道,它將來感的果報都是三惡道,太苦了,不能再幹。所以要把念佛,「積習成性」,把這些雜念統統換成念佛,讓念佛成為一種習氣,隨時隨地起心動念就是阿彌陀佛,把它養成這樣的習慣。除阿彌陀佛之外,沒有雜念,你往生決定成功。一定要知道,什麼念頭都是輪迴業,有什麼意思!應當把所有的念頭統統換成阿彌陀佛,「善根堅固」,就對了。臨命終時這些情形,一念、十念往生,我們知道就好了,也別放在心上。努力念佛,消除自己的業障。念阿彌陀佛就是消業障,不念阿彌陀佛就是增長業障,這個道理、這個事實,不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二一集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0421
Dalam waktu keseharian, kita harus memelihara kebiasaan melafal Amituofo sehingga menjadi tabiat, saat menjelang ajal dengan mudah dapat teringat melafal Amituofo.
Sebaliknya jika dalam waktu keseharian tidak membiasakan diri melafal Amituofo, saat menjelang ajal takutnya kelupaan melafal Amituofo, bersusah payah melafal Amituofo seumur hidup, namun akhirnya malah tidak tahu melafalnya, sungguh patut disayangkan!
Saat permulaan saya menjadi Bhiksu, bertemu dengan seorang Upasaka, saya lupa namanya. Lebih dari 50 tahun yang silam, saya ditahbiskan di Vihara Linji.
Di Vihara Linji terdapat perkumpulan pelafal Amituofo, Upasaka ini bertindak sebagai wakil ketua. Seminggu se-kali mereka berkumpul di Vihara Linji melafal Amituofo bersama, dia menjadi ketua kebaktian, memimpin umat dengan baik, sangat tulus.
Saat menjelang ajal, penampilannya sungguh buruk, dia takut mati. Dia menyuruh para sahabat Dharma jangan melafal Amituofo untuknya, tapi ganti dengan melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara atau Guan Shi Yin Pu Sa, dia masih ingin hidup, namun apa daya ajal telah tiba, makanya dia tidak terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh patut disayangkan.
Lihatlah, jabatannya wakil ketua perkumpulan pelafal Amituofo, saat ajal menjelang malah takut mati. Setiap minggu memimpin umat melafal Amituofo, dia sendiri juga ikut melafal Amituofo, tetapi dia tidak memeliharanya jadi kebiasaan, makanya saat menjelang ajal tidak mampu bertindak sebagai pengendali, banyak orang yang merasa prihatin dan turut menyesalinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
我們在日常生活當中,要培養念佛的習氣,臨命終時佛號就很容易念出來。平常不念佛,到臨終佛號怕的是提不起來,念了一輩子的佛,到最後不會念,可惜!我初出家的時候,遇到一位居士,這個居士的名字我記不得了。五十多年前,我在臨濟寺出家,臨濟寺有個念佛會,他是副會長。一個星期他們在臨濟寺念一次佛,他當維那,帶得很好,很虔誠。臨命終時,相非常不好,他怕死。臨終時叫家人不要念阿彌陀佛,念觀世音菩薩,他還想活下去,所以這個人沒有往生,非常可惜。你看念佛會的副會長,到那個時候貪生怕死。每個星期帶別人念佛,他自己也念佛,沒有能夠養成念佛的習氣,所以臨命終時不能做主,多少人都感到惋惜。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二一集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0421
Betapa pentingnya peranan Zhunian atau kegiatan membantu pasien melafal Amituofo. Hendaknya kita membantu mengantar orang lain ke Alam Sukhavati.
Pada momen begini, jangan lagi membicarakan hal lainnya dengan si pasien, tetapi nasehatilah dia supaya melafal Amituofo dan membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Nasehatilah dia supaya mengikuti hadirin melafal Amituofo, sampai bersua dengan Buddha Amitabha barulah boleh mengikutiNya, jika belum melihat kehadiran Buddha Amitabha, maka tidak boleh pergi dulu.
Melihat sosok siapapun, juga tidak boleh mengikutinya, melihat kemunculan Buddha atau Bodhisattva selain Buddha Amitabha, juga tidak boleh mengikutinya. Perkataan ini sangat penting adanya, saat menjelang ajal harus menekankan pada poin ini.
Saat menjelang ajal para sahabat Dharma membantumu melafal Amituofo, supaya dirimu tidak dilanda kepanikan dan ketakutan, dalam iringan suara lafalan Amituofo, kesadaran (vijnana)-mu akan meninggalkan tubuh kasar.
Andaikata vijnana-mu mengikuti hadirin melafal Amituofo, saat itu Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu. Sebelum napasmu terputus, terlebih dulu anda akan melihat kehadiran Buddha Amitabha, anda akan memberitahu para hadirin, Buddha Amitabha telah datang menjemputku, maka ini merupakan bukti bahwa anda telah terlahir ke Alam Sukhavati.
Namun kadang kala ada pasien yang menderita penyakit berat, kondisi tubuhnya sangat lemah, napasnya juga sangat lemah, ketika melihat Buddha Amitabha datang menjemput, dia mengatakannya keluar, tetapi tidak kedengaran, kita hanya melihat bibirnya bergerak seolah-olah sedang mengatakan sesuatu. Entah apa yang ingin disampaikannya, apakah dia ingin mengatakan Buddha Amitabha telah datang menjemputnya?
Tetapi dia meninggal dengan damai, juga muncul fenomena istimewa, sebagian ada yang memberi mimpi kepada sanak keluarganya. Setelah meninggal dunia beberapa hari kemudian, dia memberi mimpi kepada sanak keluarga atau sanak saudara atau teman-temannya, memberitahu bahwasannya dia telah terlahir ke Alam Sukhavati, ini nyata adanya.
Jika tidak terlahir ke Alam Sukhavati, dia takkan berdaya memberi mimpi, setelah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, dia memiliki kemampuan menggunakan cara ini guna menyampaikan pesan.
Ini juga merupakan sebuah jasa kebajikan, apa alasannya? Sebagai bukti pada keluarga, kerabat dan sahabatnya, bahwasannya dia telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
後面接著,這就講臨終助念的重要。「各宜同志三五」,每個人應該,宜是應該,有志同道合三、五人,「預結言要」,大家預先有個約定,哪一個走了,我們要幫助他助念。「臨命終時,迭相開曉」,要送往生,要幫助他。他不想往生,在這個時候要勸他往生,不說任何閒話,一定要勸他往生。叫他跟著大家一起念,見到阿彌陀佛就可以走,沒有見到阿彌陀佛不能走。見到任何人都不能跟他去,見到別的佛菩薩,不是阿彌陀佛,不是觀世音菩薩,都不可以跟他走。這個話重要,臨終時候要特別提醒。「為稱彌陀名號,願生安樂國,聲聲相次,使成十念」,幫助他在最後成就十念往生。「譬如臘印之泥,印壞文成。此命斷時,即是生安樂國時,一入正定聚,更何所憂。各宜量此大利,何不預剋念也。」這段話好,末後舉個比喻,譬如臘印,用臘刻成的印,再用金屬來鑄印。譬如銅印,銅倒在這個臘上,臘壞了,印成了,這個印就成功,這是古時候鑄印的方法。用這個來做比喻,念佛就譬如臘印,往生就譬如文成。
臨命終時大家幫助你念佛,助念,讓你安安穩穩,不驚不怖,在佛號當中捨報,你的神識離開你的身體。神識如果清醒,跟著大家一起念佛,這個時候阿彌陀佛一定來接引你。還沒有斷氣,你看到阿彌陀佛,你會告訴大家,佛來接引我了,這個是真往生,這不是假的。有時候他病得很重,體力很衰,氣很弱,看到佛來接引,他說話沒有聲音,你看他口在動,他想講話沒說出來。想講什麼話不知道,是不是他看到佛來接引,想告訴大家?但是這樣走了,很安詳走了,也有瑞相,一般有託夢這個情形。走了之後幾天,他託夢給他的親朋好友,告訴他已經往生了,這是真的不是假的。沒有往生,他沒有法子來託夢,真正往生,他可以用這種方法傳遞信息。這也是一種功德,為什麼?給這些親朋好友、念佛的同修做證明,他真往生了,這個不是假的,這是好事情。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二一集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0421