Tuesday, August 11, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011 (Bgn 3)

 

  

Ajaran yang tercantum di dalam Sutra, apabila kita dapat mengamalkan keseluruhannya, inilah yang disebut sebagai persembahan.

 

Kebenaran yang tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, dapat kita jadikan pola pikir diri sendiri, ajaran yang tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian, inilah bentuk persembahan kita kepada Buddha Amitabha, inilah bentuk persembahan kita kepada Buddha Sakyamuni, ini juga merupakan bentuk persembahan kita kepada semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa.

 

Begini barulah disebut sebagai bentuk persembahan yang sesungguhnya. Jika anda tidak mengamalkannya, inilah yang disebut sebagai praktisi gadungan.

 

Tiap butir niat pikiran yang timbul adalah demi kepentingan semua makhluk, takkan demi kepentingan diri sendiri. Hal ini tentunya sulit, tetapi bila anda berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda harus sanggup mengamalkannya.

 

Jika niat pikiran yang timbul masih memikirkan kepentingan diri sendiri, masih ada niat mengejar ketenaran dan keuntungan, maka anda takkan dapat terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun anda terampil dalam melafal Amituofo, namun akar kebajikan dan berkah kebajikan-mu ada yang kurang.

 

“Amitabha Sutra” menyebutkan “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh agar dapat terlahir ke Negeri Buddha Amitabha”.

 

Niat mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi masih belum dienyahkan, niat mengejar ketenaran dan keuntungan juga belum disingkirkan, mendambakan kenikmatan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, wangi-wangian, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan masih belum disingkirkan, bagaimana anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

 

Membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, hanya membawa karma lama dan tidak membawa karma baru, sebelum bersua dengan Pintu Dharma ini, maka karma lama masih boleh dibawa serta; namun setelah bersua dengan Pintu Dharma ini, masih juga tiap hari menciptakan karma buruk, maka karma baru ini tidak dapat dibawa serta.

 

Sekarang saya telah bertemu dengan Ajaran Sukhavati, jadi karma lama masih boleh dibawa serta; tetapi kalau sekarang masih saja tiap hari melakukan karma buruk, maka karma baru ini tidak boleh dibawa serta, kebenaran ini mesti dipahami.

 

Hal ini mesti diingat baik-baik, setiap saat memotivasi diri sendiri supaya bersungguh-sungguh mengamalkannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011

 

Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

 

經上教給我們的,我們統統能做到,這就是供養。我們能夠把《無量壽經》所講的道理變成自己的思想,《無量壽經》的教訓變成我們的生活行為,這是我們真正供養阿彌陀佛,真正供養釋迦牟尼佛,真正供養十方三世一切諸佛,這真供養。你沒有做到,那是假的。「利益眾生供養」,最重要是起心動念,起心動念完全為眾生,不為自己。這樁事情難,可是你要想真的往生極樂世界,到極樂世界親近阿彌陀佛,你非這麼做不可。你起心動念還有自己、還有名利在裡面,極樂世界去不了,佛念得再好,你的善根福德有欠缺。《彌陀經》上講得很好,「不可以少善根福德因緣得生彼國」,自私自利沒放下,名聞利養沒放下,貪圖五欲六塵享受沒放下,貪瞋痴慢疑沒放下,你怎麼能往生?帶業是帶舊業不是帶新業,沒有遇到這個法門之前,這個業可以帶;遇到這個法門之後,天天還幹這個不行,這帶不去了。現在我就改過來了,從前的舊業可以帶去,沒有問題;現在天天幹,這個不行,這個帶不去的,所以這些道理要懂。這個幾句經文一定要牢牢的記住,時時刻刻勉勵自己得真幹才行。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三八集)  2011/6/5  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0438

 

 

 

  

Master Yin Guang berpesan pada kita supaya membangun Vihara yang sederhana saja, asalkan dapat memuat 20 orang praktisi yang melatih diri bersama-sama, maka sudah boleh.

 

Tempat kecil begini tidak membutuhkan banyak biaya, cukup cari 2-3 orang donatur sudah sanggup mendukungnya, tidak perlu mencari sumber pemasukan lainnya lagi, sehingga dapat melatih diri dengan hati yang tenang.

 

Jika ingin berceramah juga cukup 10-20 orang pendengar saja, tiap hari belajar bersama, kelak 20 orang ini berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, setiap orang mencapai KeBuddhaan, maka keunggulan Vihara ini adalah tiada bandingnya, makin sederhana makin bagus.

 

Kali ini di Hong Kong, saya memiliki jalinan jodoh yang bagus, ada seorang umat yang membeli satu unit bangunan untuk dipersembahkan kepada diriku, buat dijadikan Vihara, dapat dihuni lebih dari 20 orang, cocok dengan standar Master Yin Guang.

 

Tetapi saya bicarakan dulu persyaratan dengan si donatur : Saya mempunyai hak guna, anda mempunyai hak milik, saya hanya pinjam pakai. Anda adalah pemilik, jika bangunan mengalami kerusakan, anda yang perbaiki, tidak ada urusannya dengan diriku.

 

Semua pengeluaran rutin bulanan, anda yang bayar, tidak ada urusannya dengan diriku. Saya hanya pinjam pakai, tiap hari melafal Amituofo di sini, berceramah di sini, belajar dan berdiskusi di sini.

 

Ketika kami tidak menggunakan tempat ini lagi, anda ambil kembali semuanya, semua orang juga takkan berebutan, Vihara ini sudah ada pemiliknya, jadi orang lain takkan memendam harapan untuk memilikinya, saya jadi hemat energi dan hemat waktu.

 

Dia ingin memberinya kepada saya, saya tidak bersedia menerimanya, mengapa demikian? Biaya pengeluaran rutin amatlah besar jumlahnya, ke mana saya harus mencari uang sebesar itu?

 

Hal begini tidak boleh dilakukan, kerugian yang dialami diri sendiri justru terlampau besar. Walaupun ada dana umat dari sepuluh penjuru, tetapi jika dana umat digunakan di tempat ini, saya merasa berdosa, terutama jika Vihara tidak menghasilkan praktisi sejati, bagaimana jadinya nanti?

 

Terkecuali apabila di Vihara ini ada beberapa orang praktisi berhasil mencapai KeBuddhaan, maka boleh saja, ini namanya memberi persembahan kepada Buddha, memberi persembahan kepada Bodhisattva; tetapi jika tidak ada praktisi sejati, maka tidak berani menanggungnya, hal ini mesti dipahami dan dimengerti.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011

 

印祖交代我們後人建道場建小茅蓬,大家在一起共修的,不要超過二十個人。這樣小小的一個小地方,費用很有限,二、三個護法就夠了,不要去求人,安心辦道。講經十幾、二十個人聽,夠了,不少人了,天天在一塊修學,將來這二十個人個個往生,個個成佛,無比殊勝的道場,愈簡單愈好。我在香港,這次的緣不錯,有位居士要買一棟大樓供養我,給我做道場,可以住二十個人,符合印光大師的標準。可是我跟他講得很清楚:我有使用權,你有所有權,所有權是你的,就是借給我用。省事,不要所有,借用,這個房子有什麼破損修理,你修,與我不相干。裡面所有一切費用開銷,你拿,水電什麼你拿,我不管,我只使用這個場所,天天在這個地方念佛、講經就好,大家在這學習。

 

我們不用了,你統統拿回去,大家都不爭了,這個道場是有主的,爭不到,人家有所有權,我們很省心省事,這個行。他送給我,我不要,為什麼?那開銷很大,我到哪裡去找錢?那個事情可不能幹,那對我們自己損失太大了。縱然有十方供養,十方供養錢花在這個地方,我覺得有罪過,道場沒有真正成就人,怎麼交代?這個道場真的有幾個人成佛,行,那供佛、供養菩薩;要沒有真正修行人,消化不了,都得要搞清楚、搞明白。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三八集)  2011/6/5  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0438

 

 

 

 

Guru Sesepuh dan praktisi senior mengatakan, “Sebutir beras yang didanakan oleh dermawan, budi ini besarnya bagaikan Gunung Sumeru, bila pada kehidupan ini tidak mengakhiri samsara, maka kehidupan berikutnya harus datang melunasinya”, anda harus sadar betapa beratnya nilai uang di dalam pintu Buddha.  

 

Umat Buddha di sepuluh penjuru mendermakan uangnya kepada dirimu, berharap agar anda dapat membantunya menimbun berkah dan mengembangkan kebijaksanaan, apakah benar anda telah melakukannya? Jika anda tidak serius melakukannya, kelak masih harus melunasinya.

 

Hukum Sebab Akibat telah mengungkapkan dengan jelas, utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang, setiap kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan, saling balas membalas tiada habis-habisnya, kami percaya, maka itu tidak berani memboroskan sepeser pun uang orang lain.

 

Sebagian orang tidak memahami kebenaran ini, melihat sejumlah uang ini merasa gembira, ini sudah keliru, benda ini bisa mengantarmu melaporkan diri ke Neraka.

 

Setiap orang yang memperalat Buddha Dharma guna mengejar ketenaran dan keuntungan, akibatnya pasti tidak menyenangkan. Saya pernah mengatakan bahwa lebih baik menjadi pengemis keluar meminta sesuap nasi, orang lain memberimu sedekah, tidak minta balasanmu.

 

Sedangkan dana yang didermakan di dalam pintu Buddha, para donatur berharap memperoleh berkah dan kebijaksanaan, maka itu karir di bidang ini merupakan profesi yang paling sulit dijalani di dunia ini.

 

Maka itu ada beberapa pemuda yang ingin meninggalkan keduniawian, nyalinya cukup besar, menjadi seorang anggota Sangha, kalau bukan mencapai KeBuddhaan maka jatuh ke Neraka, diri sendiri hendaknya memahaminya dengan jelas.

 

Menjadi seorang anggota Sangha yang baik, diberkati Tri Ratna, maka ini benar-benar menimbun jasa kebajikan besar, dalam hal menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, tiada yang lebih unggul lagi daripada di dalam pintu Buddha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011

 

 

祖師大德說的,「施主一粒米,大如須彌山,今生不了道,披毛戴角還」,你就知道佛門的錢多重。十方善信把錢給你,是希望你給他修福修慧,你是不是真的給他修福慧?如果不是真的,將來統統要還債。因果裡頭講得透徹,欠命的要還命,欠債要還錢,生生世世冤冤相報沒完沒了,我們相信,所以不敢亂要人一分錢。一般人不明瞭這個道理,看到這些錢財就生歡喜心,錯了,這個東西是叫你下地獄的。凡是拿著佛法求名求利,後頭的結果都不好。我過去講經也提到過,寧願出去做叫化子討飯,人家給你的,他是布施,不希望你報答的。佛門的供養他是求福求慧,這碗飯在世間各行各業裡是最難吃的一碗飯,不好吃。所以有些年輕人想出家,膽子真大,出家不能成佛的時候就下地獄,自己一定要搞清楚、搞明白。做個好出家人,三寶加持,那真是修大功德,積功累德沒有比佛門更殊勝的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四三八集)  2011/6/5  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0438