Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Membangkitkan Bodhicitta adalah hati yang tercerahkan, tercerahkan adalah tidak memikirkan kepentingan diri sendiri, jika masih memikirkan kepentingan pribadi berarti masih belum tercerahkan, mengapa demikian? Anda masih saja mengutamakan diri sendiri.
Hendaknya tiap butir niat pikiran yang timbul adalah demi mempertahankan keberlangsungan Buddha Dharma di dunia ini, setiap niat pikiran yang timbul adalah membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, inilah hal pokok yang paling utama.
Mempertahankan keberlangsungan Buddha Dharma di dunia ini, caranya tak lain adalah memperagakan teladan yang baik bagi para makhluk, inilah yang disebut sebagai membangkitkan Bodhicitta, Maha Maitri Maha Karuna adalah kita mesti menampilkan teladan yang baik untuk diperlihatkan kepada semua orang.
Hati manusia di dunia ini penuh dengan ketamakan, kebencian, kedunguan, kita memperagakan tidak rakus, tidak murka, tidak dungu, tidak pongah, beginilah kita memperlihatkan teladan yang baik kepada umum, inilah cara untuk memengaruhi orang lain, tidak perlu menggunakan sejuta kata namun cukup satu tindakan nyata.
Lapangkan hati, “Hati selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya”, juga ibarat permukaan tanah menerima segalanya dengan setara, tidak ada yang ditolaknya, tidak ada yang tidak disukainya, belajar menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas kebajikan yang dilakukan orang lain, dengan demikian tekad terlahir ke Alam Sukhavati tidak sulit diwujudkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011
發菩提心,一向專念,發菩提心是覺悟的心,覺悟就不為自己,為自己是不覺,為什麼?你還有自己。念念為正法久住,念念求生極樂世界,這是第一個最重要的。正法久住,給苦難眾生做個好樣子,這就是發菩提心,大慈大悲我們要做個好樣子給人看,做好榜樣。世間人的心貪瞋痴慢,我們能真正做出不貪、不瞋、不痴、不傲慢,這就是做好樣子給人看,就是自行化他,不要用言語用行動。把心量拓開,心包太虛、量周沙界,像天地一樣,天什麼都能包,地什麼都能容,決定沒有排斥、沒有厭惡,學恆順眾生、隨喜功德,往生真的是不難。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六四集) 2011/8/29 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0564
Alam semesta beserta seluruh isinya adalah tak terhingga dan tanpa batas, semua ini tidak terpisahkan dari jiwa sejati, segalanya adalah muncul dari jiwa sejati.
Maka itu sepanjang hayat kita melatih diri pasti ada hasilnya, jasa kebajikan ini takkan sia-sia, keterampilan melatih diri takkan hilang begitu saja, jerih payah juga takkan nihil, pasti membuahkan hasil.
Perkataan ini disampaikan oleh Master Zhi-zhe saat menjelang ajal, usai mengucapkan perkataan ini, beliau meninggal dunia. Saat menjelang ajal, Master Zhizhe melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati.
Metode yang beliau latih adalah 16 metode perenungan yang tercantum di dalam Amitayurdhyana Sutra. Di dalam buku-buku tentang kisah para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, antara lain yang berjudul “Wang Sheng Zhuan” dan “Jingtu Shengxian Lu” juga tertera nama Master Zhizhe.
Master Zhizhe adalah guru sesepuh Aliran Tiantai yang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati. Mungkin beliau adalah sosok yang memelopori hal ini, maka itu para guru sesepuh Aliran Tiantai setiap generasi demi generasi, pada akhirnya juga melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Tempo dulu di Hong Kong, Master Tanxu merupakan praktisi Aliran Tiantai, juga melafal Amituofo terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011
宇宙萬法無量無邊不離自性,全是自性所生所現的。所以「聖行道力」,一生修持「實不唐捐」,你的功德成就了。唐捐是唐朝人的術語,就是功夫白費了沒有成就,實不唐捐就真實不會失掉、不會落空,真實的成就。這一段話,智者大師臨終時候所說的,從四十八願到實不唐捐,這是實錄,事實真相。「言訖,稱三寶名,奄然而逝」。最後說這幾句話,大師往生了,他生到極樂世界,他臨終時念阿彌陀佛往生。他修的法門,他是依《十六觀經》修的,智者大師,《往生傳》裡頭有他,《淨土聖賢錄》裡頭也有他,天台宗的祖師念佛往生極樂世界。也許正是他開的頭,所以天台宗世世代代祖師,最後都是念佛求生淨土。早年在香港,倓虛法師天台宗的,念佛往生淨土的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六四集) 2011/8/29 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0564
“Master Fazhao hidup pada masa Dinasti Tang, suatu hari berziarah ke Gunung Wutai, melangkah masuk ke dalam Vihara Dasheng Zhulin, melihat kehadiran dua Bodhisattva agung yakni Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra, Master Fazhao menanyakan metode pelatihan diri. Bodhisattva Manjusri menjawab: Dari beragam metode melatih diri, melafal Amituofo adalah yang terunggul tiada taranya. Saya sendiri pada kalpa lampau, dikarenakan melafal Amituofo, sehingga memperoleh segala jenis kebijaksanaan. Maka itu seluruh Dharma, Prajna Paramita, samadhi nan mendalam, bahkan pencapaian KeBuddhaan, semuanya muncul dari melafal Amituofo”.
Sepenggal kisah ini, saya pikir banyak praktisi yang telah mengetahuinya, Master Fazhao pada mulanya adalah praktisi Zen, suatu hari dia berziarah ke Gunung Wutai, di atas gunung, dia melihat ada sebuah vihara yang tampak berwibawa tiada bandingnya, lalu melihat plakat di depan vihara tertulis “Vihara Dasheng Zhulin” atau Vihara Hutan Bambu Suciwan Agung, lalu beliau melangkah masuk ke dalam vihara.
Di dalam vihara ternyata sedang diselenggarakan kegiatan ceramah Dharma, pembicaranya adalah Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra, lalu Master Fazhao ikut duduk dan mendengarkan ceramah.
Usai itu dia mengajukan pertanyaan : Para makhluk yang hidup pada zaman berakhirnya Dharma, akar kebijaksanaannya tidak serupa lagi dengan orang zaman dulu, harus melatih Pintu Dharma apa supaya bisa berhasil?
Bodhisattva Manjusri menjawab : Melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.
Lihatlah, Bodhisattva Manjusri mengatakan dari 84 ribu metode melatih diri, dari pintu Dharma yang tak terhingga, tidak ada yang sebanding dengan metode melafal Amituofo.
Bodhisattva Manjusri menceritakan pengalamanNya sendiri, Saya pada kalpa lampau, dikarenakan melafal Amituofo sehingga memperoleh segala jenis kebijaksanaan, maksudnya adalah mencapai KeBuddhaan. Kebijaksanaan yang dicapai oleh Buddha disebut sebagai sarvatha-jnana (segala jenis kebijaksanaan atau kebijaksanaan sempurna).
“Bahkan pencapaian KeBuddhaan”, kesempurnaan terunggul yang dicapai seorang Buddha, tidak ada yang tidak diketahuiNya, tidak ada yang berada di luar kemampuanNya. “Semua ini muncul dari melafal Amituofo”, Pintu Dharma Pelafalan Amituofo sungguh tak terbayangkan.
Umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa dengan melatih metode Zen atau Dhyana barulah dapat mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, tetapi dia tidak mengetahui bahwa melafal Amituofo juga dapat mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, bahkan lebih gampang daripada metode Zen.
Melatih metode pelafalan Amituofo meskipun belum mencapai pencerahan, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Sedangkan melatih metode lainnya, jika tidak berhasil mencapai pencerahan maka jatuh kembali ke dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Melatih metode pelafalan Amituofo begitu gampang meraih keberhasilan, bahkan serupa yang telah kita bahas sebelumnya “Meskipun panorama Neraka Avici muncul di hadapan, asalkan bersedia bertobat dan melafal Amituofo, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati”, barulah anda sadari bahwa Pintu Dharma ini sungguh tak terbayangkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2011
「唐法照上五台,入大聖竹林寺,見文殊、普賢二大菩薩,問修行之要。文殊曰:諸修行門無如念佛。我於過去劫中,因念佛故,得一切種智。是故一切諸法,般若波羅蜜多,甚深禪定,乃至諸佛正遍知海,皆從念佛而生」。這一段故事,我想許多同修都知道,法照原本是修禪的,他朝五台山,在山上見到一個寺院,金碧輝煌莊嚴無比,看看外面的匾額叫大聖竹林寺,他就進去了。裡面正在講經說法,文殊菩薩、普賢菩薩,他坐下聽經,聽完之後向菩薩請教,問:末法時期眾生根性不如過去人,修什麼法門能成就?文殊菩薩就告訴他:修念佛法門。你看文殊菩薩講,諸修行門,八萬四千法門、無量法門,都不如念佛。菩薩自己說,我於過去劫中,因念佛故得一切種智,一切種智就成佛。佛所證得的智慧叫一切種智,聲聞得到的智慧是一切智,阿羅漢跟辟支佛所得到的是一切智,知法總相;菩薩所證得的,叫道種智。阿羅漢、辟支佛他的智慧,知道一切法的總相,一切法的差別相他們不知道,總相是什麼?總相是空,佛常講的「萬法皆空」、「一切有為法,如夢幻泡影」,這是阿羅漢、辟支佛證得的,所以他們能不著相。但是這一切相,這差別相,為什麼會有這麼多差別,是什麼因緣生的?這個阿羅漢不懂。菩薩懂,菩薩知道總相,也知道別相,所以菩薩的智慧超過阿羅漢,但是菩薩這個差別相跟總相圓不過來。佛證得了,所以佛證得一切種智,一切智跟道種智是一不是二,這是佛證得的,所以一切種智就是佛智,得一切種智這就成佛,在《華嚴經》初住以上就證得。
「是故一切諸法,般若波羅蜜多」,在經教裡一切諸法最後都歸般若波羅蜜多。釋迦牟尼佛為我們所說的《大般若波羅蜜多經》六百卷,《大藏經》裡這是一部最大的經典,六百卷。「甚深禪定」,這是行門,般若波羅蜜多這是解門,解行相應。「乃至諸佛正遍知海」,成佛了,佛證得的是究竟圓滿,無所不知、無所不能。這些「皆從念佛而生」,念佛法門不可思議。一般人只知道參禪可以大徹大悟、明心見性,他不知道念佛大徹大悟、明心見性比參禪容易。不相信可以找兩個人實驗,一個專門參禪,一個專門念佛,看哪個先開悟。念佛大徹大悟往生西方極樂世界生實報莊嚴土,沒有開悟也能往生。修其他法門要沒有開悟不能往生,還是搞六道輪迴,出不了六道。念佛呢?只要肯念佛,前面講「火車相現,一念改悔,尚得往生」,你就知道這個法門不可思議。造作地獄罪業的人臨終悔過都能往生,生到極樂世界雖然是在凡聖同居土,可是智慧、神通、道力跟實報土的菩薩差不多,這是無法想像,所以稱它作難信之法,這意思在此地,真難信。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六四集) 2011/8/29 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0564