Tuesday, July 14, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011 (Bgn 4)


Kami memahami kebenaran ini, maka itu dalam membangun Vihara, jika kondisinya memungkinkan, ada kelebihan lahan adalah hal yang bagus, bisa ditanami sendiri, atau disewakan kepada petani.

Di Australia, kami mengundang petani setempat untuk menanami lahan Vihara, kami memberikan mereka upah harian. Hasil panen seluruhnya merupakan milik kami.

Tahun lalu kami baru mulai bercocok tanam, hasil panen tahun lalu cukup lumayan, ini merupakan eksperimen, kami menanam biji-bijian, hasilnya ada sebanyak 13 ribu kilogram.

Semoga kelak kami dapat swasembada sayur-sayuran, bahkan dapat menjualnya ke pasar. Kehidupan kami pun sudah tenang, tidak perlu lagi mengandalkan persembahan umat.

Maka itu dana persembahan umat kami gunakan membeli lahan, demikian pula di Daratan Tiongkok, kami juga membeli lahan buat ditanami. Kami berencana menanam bahan makanan pokok, antara lain padi, biji-bijian, jagung, kentang, tomat, kacang.

Sayuran hijau, lahan buat menanami sayur ada begitu luas, setiap hari dapat memberi persembahan kepada 500 orang, tidak jadi masalah, kami hasilkan sendiri.

Master Baizhang berkata “Sehari tidak bekerja, sehari tidak makan”, kami bercocok tanam, dengan demikian, anda pun bisa dengan tenang mengonsumsi-nya.

Apa yang kita takutkan sekarang? Pestisida dan pupuk kimia. Kami bercocok tanam sendiri, tidak pakai pestisida, juga tidak pakai pupuk kimia, benar-benar merupakan bahan makanan yang sehat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011


我們明白這個道理,所以今天建道場,如果環境許可的話,多有一點土地好,種植,自己不能種植,請農民種植。

  我們在澳洲種植就是請農民,當地農民,我們是給工資,他工作一天多少錢,我給工資給你。你替我種植多少天,我給你多少工資,收成全部是我們自己的。我們大規模的農作是從去年才開始,去年這一年收成不錯,這是做個試驗,我們種小米,收了一萬三千公斤。希望我們自己將來主食跟副食、蔬菜,統統可以自給自足,而且還可以賣到市場。我們的生活就穩定了,不需要靠外面供養,我們能生活得下去。所以信徒們供養我們這些錢,我們拿去買土地,合中國我們現在大概有一萬多畝土地。我們計劃,主食方面我們種水稻、種小麥、種玉米、種馬鈴薯、番薯、花生,這都可以做主食用。蔬菜,我們的菜園很大,每天可以供養五百人沒有問題,我們自己生產。

百丈大師說「一日不作,一日不食」,我們搞農耕,你只有這樣子,吃的東西可靠。現在怕什麼?怕農藥、化肥。我們自己沒有農藥、沒有化肥,真正是健康的食品。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一0集)  2011/5/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0410


 

 

Pada zaman dahulu di Tiongkok, alat yang digunakan untuk menyebarluaskan Buddha Dharma adalah kain sutra. Ada yang berbentuk bundar, disebut dengan Dhvaja, ada yang berbentuk pipih, disebut Pataka.

Vihara zaman dulu menggunakan Dhvaja dan Pataka sebagai alat komunikasi kepada khalayak ramai, umpamanya hari ini Vihara menyelenggarakan upacara kebaktian, maka tiang bendera yang ditancapkan di luar Vihara akan digantungkan Pataka.

Ketika ada orang yang melewati Vihara, melihat di depan Vihara digantung Pataka, langsung tahu ternyata hari ini Vihara ada menyelenggarakan upacara kebaktian, umat yang tertarik bisa mengikutinya.

Zaman dulu belum ada telepon, jadi Vihara tak berdaya memberitakan secara luas tentang kegiatannya, makanya menggunakan Pataka.

Apabila Vihara menyelenggarakan kegiatan ceramah Dharma, maka tiang bendera di luar Vihara akan digantung Dhvaja. Umat melihat yang digantung adalah Dhvaja yang bentuknya bundar, segera tahu di Vihara ada kegiatan ceramah, yang tertarik mendengar ceramah akan datang menghadirinya.

Sekarang sudah tidak digunakan lagi, sekarang pakai telepon, internet sebagai media pemberitahuan, diiklankan lewat koran, atau siaran televisi, juga boleh.

Zaman dulu mana ada media beginian, makanya menggunakan Dhvaja dan Pataka sebagai media pemberitahuan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011

Makna Dhvaja, Pataka dan Chattra :


 「六者,懸繒燃燈,散華燒香」。這樁事,就是現在所說的宣揚佛教,對廣大群眾弘法利生,這個事情。繒是絲織品,佛家講的幡幢,扁的叫幡,圓的叫幢,圓的很像飛機場那個風筒一樣,圓形的。在古時候,這是寺廟對大眾一個信號,寺廟今天有法會,寺廟有旗杆,旗杆上就掛幡。別人一看有幡,寺廟今天掛幡,今天它這裡有法會,喜歡參加法會的人自己就來了。在從前沒辦法通知,就用這個方法。如果這個寺廟裡面講經,就懸幢,看到掛的是圓形的幢,寺廟今天講經,喜歡聽經的他就來了。現在沒有,現在用電話、用網路來通知,用報紙,報紙上刊登廣告,或者是電視台給你做廣告,都可以。古時候沒有這些工具,就是懸繒,用這個做信息傳播。這都是屬於活動,活動方面的一種宣傳。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一0集)  2011/5/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0410

 


 

Menebarkan bunga, ini merupakan salah satu bentuk persembahan, bunga melambangkan benih sebab. Tumbuhan berbunga duluan barulah kemudian berbuah, jika bunganya terbuka dengan bagus, makanya buahnya juga pasti bagus.

Ini merupakan ungkapan Dharma, ada benih sebab yang baik barulah ada buah akibat yang baik, sedangkan benih sebab yang buruk pasti menghasilkan buah akibat yang buruk, inilah makna dari persembahan bunga.

Makanya persembahan bunga di altar Buddha, anda harus memahami dengan jelas makna-nya, bukanlah untuk diperlihatkan kepada Buddha, tetapi untuk mengingatkan  diri sendiri bahwa benih sebab yang baik pasti menghasilkan buah akibat yang baik, demikian pula sebaliknya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011

散華,這都是供養,花代表什麼?花代表因。植物先開花後結果,花開得好,果一定好,所以花代表因。這是表法,表善因善果,惡因惡報,表這個意思。所以佛前面供花,你懂得供花的意義,不是佛要看,是提醒我們善因善果,是這個意思。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一0集)  2011/5/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0410