Saturday, June 27, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2011 (Bgn 1)


Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-13, Master Yin Guang merupakan jelmaan dari Bodhisattva Mahasthamaprapta. Muncul pada era ini, berjarak dengan kita sekitar 60-70 tahun, tidak terlampau jauh, sepanjang hayatnya, Master Yin Guang melafal Amituofo. Bagaimana cara beliau melafal Amituofo?

Cara Master Yin Guang melafal Amituofo memang dapat mewujudkan seperti yang dikatakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta sebagai “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”.

Caranya cukup mudah, butuh kesabaran dan keteguhan hati. Maka itu di sini dikatakan, tak peduli waktu senggang maupun sibuk, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, juga boleh dilakukan sambil melafal Amituofo.

Saat berbaring juga boleh melafal Amituofo, tetapi tidak boleh mengeluarkan suara, karena akan melukai saluran pernapasan, tidak baik untuk kesehatan. Jadi saat berbaring cukup melafal di dalam hati saja.

Ada satu prinsip yang mesti ditaati yakni lafalan Amituofo dibangkitkan dari dalam hati, dilafalkan keluar melalui suara, setiap kata harus jelas, lalu telinga mendengar suara lafalan. 

Maka itu melafal Amituofo jangan terlampau cepat, lafallah dengan lambat, perlahan-lahan anda akan memasuki samadhi pelafalan Amituofo. Jika anda melafalnya dengan kecepatan kencang, suasana hati pun jadi labil, tidak mudah mencapai samadhi (konsentrasi), oleh karena dengan tercapainya samadhi barulah kebijaksanaan dapat terbuka, sebaliknya dengan suasana hati yang labil, mustahil kebijaksanaan dapat berkembang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2011


淨宗第十三祖靈巖山印光老法師,大勢至菩薩再來。出現在我們這個時代,距離我們大概六、七十年,不算很遠,他老人家一生念佛。怎麼個念法?他念佛的方法確實能夠做到大勢至菩薩所說的「都攝六根,淨念相繼」。方法很簡單,要有耐心、有恆心去念。所以這個地方講的,不問閒忙,不拘動靜,行住坐臥,皆可修之,什麼時候都能修。睡在床上、躺在床上念佛,行,都可以修,但是睡覺的時候不要出聲,出聲傷氣,對身體健康有妨礙。躺在床上念的時候,默念,不出聲音,但是這個方法一定要遵守,那就是佛號從心中生起來,心裡頭真有佛,有阿彌陀佛,從口裡念出來,念得清清楚楚。所以念佛不要快,慢慢的念,你才能得念佛三昧。念得太快,心浮氣躁,不容易得定,得定才能開智慧,心浮氣躁是不可以的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四00集)  2011/5/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0400

 


 

Master Yin Guang melafal Amituofo adalah satu aksara demi satu aksara, A-MI-TUO-FO, setiap aksara dilafal dengan jelas dan didengar dengan jelas, diri sendiri mendengar suara lafalan sendiri dengan jelas.

Yang harus diingat adalah jangan menggunakan tasbih karena akan mengganggu konsentrasi, khusus untuk metode ini, menggunakan daya ingat untuk menghitung, yakni menghitung 1 sampai 10, sampai hitungan ke-10 ulang lagi dari awal atau hitungan 1, jangan dilanjutkan sampai 20 atau 30.

Master Yin Guang menggunakan cara ini dan efektif, saat melafal Amituofo takkan timbul bentuk-bentuk pikiran, makin melafal makin bersukacita, keterampilan melatih diri jadi efektif, makin melafal, hati makin suci.

Bodhisattva Mahasthamaprapta menjelma guna mengajari kita, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

Yang penting adalah hitungan ini, mengetahui lafalan saya ini sudah pada hitungan ke-berapa, yakni merupakan lafalan yang ke-berapa dari sepuluh lafalan, demikianlah diulangi secara terus menerus. Hanya menghitung sampai 10 saja, jangan diteruskan sampai 20 atau 30.

Semakin melafal semakin bersukacita, semakin melafal hati semakin suci. Benar-benar dapat memelihara kesehatan, menyingkirkan segala bentuk-bentuk pikiran, setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2011


印祖念佛一個字一個字的念,我們用四個字,阿彌陀佛、阿彌陀佛,每一個字念得清楚,清清楚楚,聽得清清楚楚,自己聽自己念佛的聲音聽得清楚,第三個記得清楚,不要用念珠,用念珠分心,用心記,就是記第一句到第十句,念到第十句再從第一句到第十句,第一句到第十句,不要二十、三十,不要那樣記法。印祖一生用這個方法,管用,你念佛的時候就不會有夾雜、不會有妄念,你愈念愈歡喜,功夫得力,愈念心愈清淨。大勢至菩薩現身來教我們,一向專念阿彌陀佛,這就叫一向專念。最重要的是這個數字,曉得我這一聲佛號是第幾聲,就是十聲裡頭的第幾聲,不斷的這樣重複去念。不要二十、三十、四十,不需要。你愈念愈歡喜,愈念心愈清淨。真的可以養神,世間人講可以養生,健康長壽,把心裡面的煩惱、雜念全念掉了,與阿彌陀佛聲聲相應。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四00集)  2011/5/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0400


 

 
  
Di dalam buku berjudul “Wen Chao” atau Catatan Master Yin Guang, terdapat sebuah kisah. Ada seorang praktisi Zen yang sudah beberapa dekade melatih Dhyana, dia menyurati dan memohon bimbingan pada Master Yin Guang.

Praktisi Zen ini mengatakan bahwa dia telah selesai membaca buku sejarah Zen yang berjudul “Wu Deng Hui Yuan”, di dalamnya terdapat sebanyak 1700 koan atau perumpamaan, seluruh perumpamaan ini telah dipahaminya, cuma tersisa beberapa saja yang masih belum dipahami, makanya meminta Master Yin Guang menjelaskannya.

Master Yin Guang membalas suratnya, dari total 1700 perumpamaan, asalkan dapat memahami satu saja, maka semuanya juga bisa dipahami. Jika anda mengatakan masih ada beberapa perumpamaan yang belum dipahami, berarti satu pun tidak anda pahami.

Sepertinya praktisi ini setelah menerima surat balasan dari Master Yin Guang, melepaskan metode Dhyana lalu beralih mengikuti Master Yin Guang melafal Amituofo.

Ini nyata adanya. Jika anda mengatakan telah menguasai satu judul sutra, berarti seluruh judul sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, semuanya pasti dapat anda pahami dengan sendirinya.

Sebaliknya bila anda mengatakan masih ada beberapa judul sutra yang masih belum mampu dipahami, berarti satu judul sutra pun tidak anda pahami sama sekali.

Kapan anda mampu menguasai secara keseluruhan? Ketika anda menemukan kembali jiwa sejati, sebelum menemukan kembali jiwa sejati, maka anda takkan mampu menguasai seluruhnya.

Melatih pintu Dharma manapun juga bisa menemukan kembali jiwa sejati, hanya saja anda mesti memfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2011


  《印光大師文鈔》裡頭有一個例子,佛門叫公案,我們世間人講故事,有這麼一個故事。有一位參禪的老修行,自己非常自負,參禪幾十年,給印光老和尚說,通信的,向印祖請教,他說一千七百則公案,就是《五燈會元》,他都參透了,只剩下還有幾條好像還不清楚,向印光大師說。印光大師回他一封信,說一千七百條公案只要有一條參透了全就透了,如果你說還有幾條沒參透,你老兄一條也沒參透。好像這個人收到這封信之後禪丟掉了,跟印光大師念佛了。真的,一點不錯。你說我這一部經通了,我學這部經的時候這部經學通了,換句話說,釋迦牟尼佛四十九年所說的一切經你全通了,這一部通了;如果還有一部、二部沒通,那你這一部沒通,一個道理。什麼叫通?見性就通了,你沒見性沒通。任何一個法門都可以明心見性,只要你一門深入。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四00集)  2011/5/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0400